Sukses

Hubungan Luar Biasa Indonesia-Jepang Sudah Terjalin 57 Tahun

Sejak Presiden Joko Widodo menjabat tahun lalu, sudah terjadi perkembangan yang konkret dalam upaya memperkuat hubungan kedua negara.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang sejarah berdirinya Indonesia, Jepang secara konsisten terus membina hubungan baik dengan Tanah Air. Hubungan kedua negara bahkan kini berkembang sangat baik.

"Tahun ini menandai 57 tahun usia terjalinnya hubungan diplomatik antara kedua negara. Hubungan selama ini telah menunjukkan perkembangan yang luar biasa," ucap Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Tanizaki Yasuaki dalam acara 'Reception to Celebrate 82nd Birthday of His Majesty The Emperor of Japan' di Hotel Fairmont Jakarta, Senin 14 Desember 2015 malam.

Pada tahun 2006, sambung Yasuaki, di awal pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe yang pertama, kedua negara telah menyepakati konsep kerjasama baru yaitu kemitraan strategis.

"Selama ini Indonesia telah memainkan peranan kepimpinan dalam membina kedamaian, stabilitas, serta kesejahteraan kawasan Asia Tenggara. Jepang telah turut berperan dalam upaya kerjasama untuk pembangunan kawasan bersama Indonesia," papar dia.

Dubes Yasuaki menuturkan, dewasa ini kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara merupakan salah satu inti dari perekonomian dunia dan kekuatan pengendali yang terus bertambah besar.

"Jepang dan Indonesia diharapkan akan memainkan peranan yang lebih besar lagi selaku pengendali di masa depan," tutur Dubes Yasuaki.

Menurutnya, sejak Presiden Joko Widodo menjabat tahun lalu, sudah terjadi perkembangan yang konkret dalam upaya memperkuat hubungan kedua negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini