Sukses

Dilma Rousseff Kembali Terpilih jadi Presiden Brasil

Dilma Rousseff memperpanjang kekuasaan Partai Buruh (PT) yang telah menjalankan pemerintahan selama 12 tahun di Brasil.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Dilma Rousseff kembali terpilih menjadi Presiden Brasil berdasarkan hasil pemilihan umum putaran kedua. Kandidat petahana dari Partai Buruh (PT) itu berhasil mengalahkan kandidat dari Partai Sosial Demokrat Brasil (PSDB) Aecio Neves.

Berdasarkan hasil perhitungan suara yang dirilis Badan Pemilu Brasil, Dilma meraih suara 51% suara dari sekitar 140 juta suara rakyat Brasil. Sedangkan Aecio memperoleh 48% suara.

"Terima kasih banyak," kicau ‏@dilmabr, seperti dimuat BBC, Senin (27/10/2014).

Sebelumnya, pada pemilu putaran pertama, Rousseff mendapatkan 41,5 persen suara. Neves membuntuti di peringkat kedua dengan 33,5 persen. Sementara Mariana Silva dari Partai Sosialis tersisih karena hanya mampu mengumpulkan 21 persen.

Dengan kemenangan ini, Dilma memperpanjang kekuasaan Partai Buruh (PT) yang telah menjalankan pemerintahan selama 12 tahun. Warga Brasil berharap Dilma bisa mengurangi kemiskinan di Brasil, seperti yang ia sampaikan pada kampanye beberapa waktu lalu.

Dilma Rousseff sebelumnya juga menegaskan dirinya akan melanjutkan program pembangunan, termasuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, yang telah ia laksanakan pada masa pemerintahan sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini