Sukses

Gempa 5 SR Goyang Maluku Utara, Warga Gorontalo Turut Merasakan

Gempa bumi ini cukup membuat panik warga Gorontalo.

Liputan6.com, Gorontalo - Gempa bumi 5 skala Richter menggoyang Pulau Morotai, Maluku Utara. Gempa yang terletak di 166 km timur laut Pulau Morotai itu juga dirasakan sejumlah warga di beberapa wilayah di Gorontalo.

Menurut Ismail Karim, seorang warga Gorontalo, guncangan terasa cukup besar. Namun guncangan hanya terjadi dalam hitungan detik.

"Iya, tadi kayaknya gempanya besar. Untungnya cuma sebentar saja gempa buminya," ujar Ismail Karim kepada Liputan6.com di Gorontalo, Selasa (21/10/2014).

Walau hanya terjadi dalam waktu yang singkat, gempa bumi ini cukup membuat panik warga.

Hal senada juga diungkapkan Iqbal Angio warga Kabupaten Gorontalo, dirinya mengaku kaget pada saat terjadi gempa bumi tersebut.

"Saya di kantor langsung lari keluar, karena gempanya kayak besar sekali," ujar Iqbal

Dari data yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi tersebut terjadi pada 3.83 LU-128.63 BT dengan kedalaman 10 km dari bawah laut, 166 km timur laut Pulau Morotai, Maluku Utara dengan kekuan 5 SR.

Meskipun gempa tersebut terasa hingga di Gorontalo, BMKG menulis gempa itu tidak berpotensi tsunami. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini