Sukses

Pelantikan Jokowi, Ada 400 Lampion '7 a New Hope' di Yogya

Kirab budaya juga akan warnai pelantikan Jokowi Presiden 2014 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada sore hingga malam nanti.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kirab budaya akan warnai pelantikan Jokowi dan Jusuf Kalla (JK) menjadi Presiden dan Wakilnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Acara tersebut akan menampilkan potensi budaya di Nusantara melalui peserta mahasiswa dari seluruh daerah di Indonesia, komunitas, tokoh agama dan masyarakat umum.

Relawan Jokowi DIY Rendra Setyawan menuturkan, dalam kirab nanti akan membawa 7 tumpeng yang akan diarak dari DPRD DIY ke Titik Nol.

"Ada dua ribu massa dari komunitas, mahasiswa, tokoh agama, relawan dan masyarakat umum. Ada 7 tumpeng nanti," ujar Rendra kepada Liputan6.com, Senin (20/10/2014).

Rendra mengatakan jumlah tujuh tumpeng yang diarak sebagai penanda Jokowi yang menjadi presiden yang ke-7. Nantinya tumpeng akan dipotong oleh Adik Sultan Hamengku Buwono X yaitu GPBH Prabukusuma.

"Tujuh ini maknanya Jokowi sebagai Presiden ke-7 RI. Nanti dipotong oleh Gusti Prabu," ujar Rendra.

Acara kirab budaya dan seni di Jalan Malioboro itu akan dilakukan mulai pukul 15.00-17.00 WIB. Puncak acaranya dengan digelar pentas musik di Titik Nol.

Usai kegiatan kirab, acara disambung dengan pelepasan lampion di Alun-alun Kidul Yogyakarta.

"Akan ada 400 lampion yang dilepas nanti malam pukul 20.00 WIB. Acara ini diikuti 500 orang dari berbagai elemen masyarakat, sebagai simbol dukungan dan harapan kepada Jokowi," jelas koordinator lapangan pelepasan Lampion Lilik Rohmad Ahmadi.

Namun, lanjut Lilik, lampion tidak akan diterbangkan tetapi akan dibawa. Alasan tak dilepasnya lampion sebagai simbol untuk mengawal harapan warga Yogya. Bahkan jika harapan itu tidak tercapai maka warga akan mendukung.

Selain itu karena keselamatan penerbangan karena diatas alun-alun kidul menjadi jalur penerbangan pesawat di Yogya.

"Lampion itu nanti ditulis oleh masyarakat sebagai harapan mereka kepada Jokowi. Jika tidak tercapai harapan mereka, maka mereka akan menarik dukungan kepada Jokowi karena tidak dapat tercapai," ujar Rendra.

Nantinya massa juga akan membentuk formasi '7 a New Hope' saat pelepasan lampion. "Nanti ada formasi 7 a New Hope di mana tujuh adalah presiden ketujuh dan a new hope bahwa Jokowi menjadi harapan baru bagi Indonesia," ujar Lilik.

Pelantikan Presiden 2014 dihadiri seluruh anggota MPR, SBY-Boediono yang posisinya digantikan Jokowi-JK, mantan rival Pilpres 2014 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Turut hadir Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Sinta Nuriyah Wahid yang merupakan istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini