Sukses

Buka Kirab Tank di Malioboro, Sultan HB X Naik Panser Anoa

Saat kirab tank, Sultan HB X mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah membawa kendaraan tempurnya ke Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta sekaligus Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X membuka kirab tank dari Alun-alun Utara ke kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, DIY.

Dalam sambutannya melepas kirab kendaraan tempur TNI AD di Alun-alun Utara Yogyakarta, Sultan HB X mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah membawa kendaraan tempurnya ke Yogyakarta. Kedatangan 11 kendaraan tempur baru TNI di Yogya dapat dimanfaatkan masyarakat Yogyakarta dengan melihat secara langsung.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada TNI karena berkenan singgah di Yogyakarta, sehingga masyarakat dapat melihat langsung kendaraan tempur milik TNI," ujar Sri Sultan HB X, Sabtu (11/10/2014).

Kirab 15 kendaraan tempur milik TNI AD ini digelar dalam rangka perayaan HUT ke-69 TNI. 11 Di antaranya jenis kendaraan tempur baru, yaitu tank Leopard, tank Marder dan tank M-113.

Singgahnya tank terbaru milik TNI ini dapat mendekatkan TNI dengan rakyat. Sultan berharap agar kedekatan TNI dengan rakyat ini tidak hanya terjadi ketika HUT, namun dapat berlangsung seterusnya.

"Hubungan dekat antara TNI dan masyarakat jangan hanya saat HUT, tapi harus terjalin seterusnya," ujar Sultan.

Setelah memberikan sambutan, ditemani Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Brigjen TNI Sabrar Fadilah, Sri Sultan HB X lantas menaiki panser jenis Anoa dan memimpin kirab 15 kendaraan tempur.

Saat Sultan berada di atas panser Anoa, ribuan warga yang ada di alun-alun dan Malioboro mengabadikan momentum tersebut. Bahkan tampak beberapa warga berupaya bersalaman dengan Sultan HB X. Kirab tank ini, TNI AD menurunkan 4 tank leopard, 2 Tank Marder, 5 Tank M-113, 2 Meriam 105 dan 2 Panhard. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini