Sukses

Ribuan Relawan Siap Kawal Pelantikan Jokowi

Ribuan relawan Jokowi dari People Power Front for Democracy (PPFD) akan menjadikan Bundaran Hotel Indonesia‎ sebagai titik kumpul.

Liputan6.com, Jakarta - Para relawan Jokowi (Joko Widodo) yang tergabung dalam People Power Front for Democracy (PPFD) akan menggelar aksi damai saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi-Jusuf Kalla, Senin 20 Oktober mendatang. Mereka bahkan siap mendukung dan mengawal pelantikan Jokowi-JK tersebut.

Aksi itu diperkirakan akan diikuti oleh 8 ribu orang dari 50 organisasi relawan yang tergabung dalam PPFD ini. Mereka akan menjadikan Bundaran Hotel Indonesia‎ (HI) sebagai titik kumpul.

"Estimasi massa sekitar 50 organ relawan itu ada 5 ribu massa dari Jakarta dan dari luar Jakarta sekitar 3 ribu massa. Titik kumpul di HI,"‎ kata Koordinator PPFD Indro Tjahjono di Gedung Joeang, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (18/10/2014).

Selain dari Jakarta, massa aksi juga berasal dari Jawa Barat, Lampung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.‎ Aksi dukungan dan pengawalan pelantikan Jokowi ini bertujuan untuk memberi dan menunjukkan dukungan politik nyata dari rakyat atas Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Sehingga memperoleh kemantapan politik sepanjang 5 tahun periode pemerintahannya.

"Kita akan membentuk people power front, menyikapi pelantikan Jokowi," ujar dia.

Dukungan dan pengawalan pelantikan Jokowi-JK ini juga untuk meningkatkan kesetiakawanan dan jejaring relawan yang selama ini siap memberi dukungan politik nyata dengan memberi pengawalan atas agenda rakyat yang diusung Jokowi-JK.

"Kemenangan Jokowi sampai saat ini masih mendapatkan gangguan untuk memboikot. Bahkan perilaku mereka adalah 'kudeta merangkak'," kata Indro. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.