Sukses

Pilot Irak Gabung ISIS, Latih Terbangkan Jet Tempur?

Saksi mata mengungkapkan kepada SOHR, ada pesawat terbang rendah yang kelihatannya adalah dari jenis MiG-21 atau MiG-23.

Liputan6.com, Damaskus - Para pilot Irak dilaporkan bergabung dalam kelompok ISIS. Keberadaan mereka pun kabarnya dimanfaatkan untuk melatih para militan itu di Suriah.

"Untuk menerbangkan tiga pesawat jet tempur yang mereka rebut," kata sebuah kelompok aktivis yang berbasis di Inggris seperti dimuat BBC, Sabtu (18/10/2014).

Pengamat Syrian Observatory For Human Rights (SOHR) mengatakan, saksi mata melihat pesawat diterbangkan di sekitar bandara militer Al Jarrah di Aleppo.

Saksi mata mengungkapkan kepada SOHR, ada pesawat terbang rendah yang kelihatannya adalah dari jenis MiG-21 atau MiG-23.

Pimpinan SOHR, Rami Abdul Rahman mengatakan ISIS menggunakan perwira Irak yang menjadi pilot saat era mantan Presiden Irak Saddam Hussein untuk melatih para penerbang di Suriah.

"Penduduk melihat pesawat yang diterbangkan beberapa kali dari bandara di angkasa di luar bandara," kata Rami.

Sejauh ini, belum jelas diketahui berapa banyak pilot yang membelot.

Sementara itu, pasukan Irak meluncurkan sebuah serangan terhadap milisi ISIS di dekat Tikrit. Kota tersebut adalah bagian dari wilayah Suriah dan Irak yang direnggut ISIS tahun ini. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini