Sukses

Pertemuan Pertama Jokowi dan Rusman Sang Penjahit

Meski hanya sekali ukur, jas yang dikenakan langsung pas dengan tubuh Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan Jokowi dan Uno Kartika Rusman (61) tak lepas dari peran Ahok. Sebelum dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi mendapatkan rekomendasi menjahit pakaian pelantikan di Feng Sei Tailor milik Rusman langsung dari Ahok.

Rusman mengaku, sulit bertemu dengan Jokowi. Termasuk saat pertama kali mendapat orderan menjahit dari Jokowi. Kala itu, mantan Walikota Solo tersebut tidak memiliki banyak waktu untuk menjahit jas pelantikan gubernurnya.

"Dia kan sibuk," kata Rusman kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Namun akhirnya Jokowi dan Rusman bertemu juga. Pada pertemuan pertamanya itu, dia langsung mengukur badan Jokowi untuk membuat jas putih yang dikenakan saat pelantikan Gubernur DKI Jakarta 2012 lalu.

"Cari orangnya susah, jadi sekali ukur langsung jadi. Nggak pakai fitting," tutur Rusman.

Meski hanya sekali ukur, jas yang dikenakan langsung pas dengan tubuh Jokowi. Sejak saat itu, Jokowi selalu menghubunginya untuk dibuatkan pakaian.

"Dia selalu bikin kemeja putih, tidak pernah warna lain. Terus batik, kalau batik dari sana yang kasih bahan, kita yang jahit. Lalu jas lengan panjang. Lengan pendek jarang buat," tutup Rusman.

2 Tahun berlalu sejak perkenalannya dengan Jokowi. Namun hingga saat ini belum sekalipun presiden terpilih tersebut mendatangi toko Rusman di Jalan Gunung Sahari 5, Jakarta Pusat. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini