Sukses

Gedung Kampus Ramah Lingkungan di Oregon Dipenuhi Panel Surya

Sekilas tak ada yang istimewa, namun bila diperhatikan secara seksama, hampir semua bidang kaca gedung disematkan sel surya.

Liputan6.com, Oregon - Memasuki abad 21, isu lingkungan menjadi perhatian khusus di Amerika Serikat. Sejumlah universitas bahkan berlomba-lomba mewujudkan kampus ramah lingkungan dan hemat energi. Salah satunya di University of Oregon (UO) Amerika Serikat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (16/10/2014), kampus tersebut bahkan memiliki gedung yang di seluruh dinding kacanya dipasangi panel tenaga surya yang dapat menyerap energi matahari untuk dikonversi menjadi listrik.

Gedung megah di Universitas Oregon tersebut bernama Lillis Business Complex. Sekilas tak ada yang berbeda dengan gedung-gedung kampus lainnya. Namun bila diperhatikan secara seksama, hampir semua bidang kaca gedung disematkan sel surya.

Upaya ini dilakukan Universitas Oregon untuk mengurangi biaya dan pemakaian listrik. Ratusan sel surya ini dapat memproduksi hingga 44 kilowatt listrik.

Upaya mengurangi penggunaan listrik juga dilakukan dengan desain bagian gedung. Seperti desain atap yang mengakomodasi penerangan langsung cahaya matahari hingga jendela-jendela yang dapat mengontrol temperatur dalam ruangan.

Tak hanya itu, Universitas Oregon juga mendukung mahasiswanya untuk berupaya menyelamatkan lingkungan.

Direktur Perawatan Gedung Universitas Oregon Steve Mital mengatakan, mahasiswa yang mempunyai ide proyek lingkungan akan mendapatkan dana dari kampus.

"Kami membuat pendanaan untuk siswa peduli keberlanjutan lingkungan sejak 5-7 tahun lalu. Jadi setiap mahasiswa yang mempunyai ide untuk proyek lingkungan di kampus mereka bisa mendaftar untuk mendapat dana US$ 3 ribu bahkan 20 ribu" kata Steve.

Steve juga menambahkan, dalam setahun pihaknya memberikan dana sebesar US$ 35 ribu untuk kelompok mahasiswa tersebut.

Gaya hidup peduli lingkungan juga ditanamkan terhadap 25 ribu mahasiswanya. UO juga menyediakan dana bagi mahasiswa internasional yang ingin menggunakan sepeda sebagai alat transportasi selama berkuliah. (Rmn)

Baca juga:

Panel Surya Portland Hemat Sumber Daya Energi dan Menguntungkan

Ngeri! Lintah 7,5 Cm Bersarang di Hidung Wanita Ini Sebulan

Geng Motor Terbesar di Belanda Bantu Kurdi Lawan ISIS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini