Sukses

Makna di Balik Pertemuan Mark Zuckerberg dan Jokowi

Kedatangan bos Facebook, Mark Zuckerberg menemui Presiden terpilih Jokowi dinilai penting bagi negara ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kedatangan bos Facebook, Mark Zuckerberg menemui Presiden terpilih Jokowi dinilai penting bagi negara ini. Mantan juru bicara Jokowi-JK, Anies Baswedan mengatakan, kunjungan Zuckerberg bermanfaat bagi pemaksimalan potensi internet di negeri ini.

Bagi Anies, pemaparan Zuckerberg tentang proyek terbarunya Internet.org merupakan kesempatan untuk memperluas akses internet bagi semua kalangan. Internet.org sendiri adalah gerakan Zuckerberg untuk memperluas akses internet di seluruh dunia. Gerakan ini berfokus pada negara berkembang, seperti India dan Indonesia.

"Anak-anak muda dapat menjadikan media sosial seperti Facebook tidak hanya sekadar untuk merawat teman-teman masa lalu, tapi juga untuk meluaskan jaringan ke seluruh dunia yang akan mendukung masa depannya," ujar Anies dalam keterangan persnya yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Senin (13/10/2014).

"Internet jangan hanya menjadi monopoli masyarakat perkotaan. Akses pada internet harus terbuka lebar untuk memperluas manfaatnya bagi semua kalangan di negeri ini," papar dia.

Dia mengatakan, meluasnya penggunaan internet di kawasan pedesaan mampu menjadi pendorong berkembangnya usaha kecil menengah dan perekonomian.

"Sifat melampaui batas geografis dan berjejaring yang dimiliki internet akan sangat menguntungkan ekonomi masyarakat pedesaan," ujar dia.

"Masyarakat bisa memasarkan produknya secara tepat sasaran dengan cara yang mudah," tandas Anies.

Sebelumnya, Jokowi mengajak Mark Zuckerberg untuk blusukan ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.