Sukses

BMKG: Suhu Bekasi dan Jakarta Tak Beda Jauh

Saking panasnya, terbitlah kelakar yang menyebut Bekasi memiliki 2 matahari.

Liputan6.com, Jakarta - Panasnya Kota Bekasi, Jawa Barat menjadi bahan candaan di jagat maya belakangan ini. Saking panasnya, terbitlah kelakar yang menyebut kota ini memiliki 2 matahari. Namun tahukah, panas Bekasi ternyata tak beda dari Jakarta.

"Nggak jauh beda (suhu Bekasi dan Jakarta)," kata Kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) M Fadli kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (13/10/2014).

Lalu berapa suhu Jakarta dan Bekasi?

Fadli mengatakan, suhu Kota Bekasi berkisar antara 35-36 derajat celsius. Sementara Jakarta tak jauh berbeda dari Bekasi. Suhu Ibukota secara umum belakangan ini juga antara 35-36 derajat celsius.

"Panas ini hampir sebagian besar terjadi di wilayah Indonesia bagian selatan, termasuk Jakarta," tutur dia.

Fadli menjelaskan, saat ini radiasi matahari memang bergerak ke arah selatan, yakni ke daerah Jawa dan sekitarnya. Hal itulah yang menyebabkan panas yang teramat di sebagian besar wilayah Jawa. Ditambah lagi suhu muka laut yang berada di Laut Jawa juga tak terlalu hangat sehingga pembentukan awan hujan sedikit.

Selain itu, sambung dia, angin dari Indonesia secara umum berasal dari angin timur atau Australia. Angin ini sifatnya kering dan kencang. Hal ini menyebabkan proses terjadinya penguapan tak cukup tinggi atau berkurang.

"Jangan lupa daerah Bekasi dan sekitarnya secara topografi banyak gedung-gedung, tak ada tutupan lahan atau pohon-pohonan," tandas Fadli. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini