Sukses

Habib Novel Menyerahkan Diri ke Polda Metro

Buron demo anarkis di depan Gedung DPRD dan Balaikota Jakarta, Habib Novel menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya didampingi pengacaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Buron demo anarkis di depan Gedung DPRD dan Balaikota Jakarta, Habib Novel Bamukmin (NB) akhirnya menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya didampingi pengacaranya. Kabid Humas Polda Metro Kombes Pol Rikwanto mengatakan saat ini Habib Novel tengah menjalani pemeriksaan oleh Dirkrimum Subdit Kamneg Polda Metro Jaya.

"Ya, sedang diperiksa," kata Rikwanto kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Pernyataan senada juga diungkapkan anggota piket di Dirkrimum Polda Metro, Brigadir Jajang. Namun, tak banyak yang bisa disampaikan Jajang karena dirinya menegaskan tak punya kewenangan untuk memberi keterangan.

"Iya, sudah datang menghadap. Ke Kamneg (Keamanan Negara). Tunggu keterangan resminya," kata Jajang di meja piket Dirkrimum Polda.

Sebelumnya jajaran Polda Metro Jaya fokus mencari keberadaan Habib Novel guna dimintai pertanggungjawaban terkait demo anarkis di depan Gedung DPRD dan Balaikota DKI Jakarta. Rikwanto mengaku pihaknya telah mengendus keberadaan Habib Novel.

Bahkan, Rikwanto menuturkan anggota kepolisian sudah berada pada titik atau lokasi yang besar kemungkinan menjadi tujuan pelarian Habib Novel.

"(Masih) Di Jakarta. Beberapa alternatif lokasi‎ diketahui penyidik, cuma belum ketemu saja," kata Rikwanto di Polda.

Selain itu, Rikwanto mengungkapkan, penyidik tak serta merta melekatkan status tersangka kepada Habib Novel. Dan itu tertuang dalam BAP 21 orang yang ditahan usai unjuk rasa.

"Detailn‎ya dalam BAP ya, yang jelas kena pasal-pasal pidana yang dipersangkakan seperti yang lainnya. Kita akan tetap cari sampai dapat. Seharusnya berjiwa besar, berani berbuat berani tanggung jawab," tegas Rikwanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini