Sukses

Jet Tempur Pengangkut Rudal Inggris Siap Gempur ISIS di Irak

Sebelumnya, jet-jet tempur Inggris itu sudah beberapa kali melakukan penerbangan pengintaian. ISIS di Irak.

Liputan6.com, London - Inggris akhirnya turun tangan langsung dalam menumpas kelompok ISIS. Dua jet tempur Tornado dikirim dalam misi tempur pertama setelah parlemen menyetujui serangan udara terhadap militan tersebut di Irak. Mereka sudah dalam posisi siap bertempur.

"Kedua pesawat lepas landas dari pangkalan angkatan udara Inggris (RAF) Akrotiri di Cyprus," sebut Kementerian Pertahanan Inggris seperti dikutip dari BBC, Minggu (28/9/2014).

Pihak kmenterian menegaskan, pesawat-pesawat itu siap untuk digunakan dalam serangan dan jika sasaran yang cocok sudah diidentifikasi.

Sebelumnya, jet-jet tempur Inggris itu sudah beberapa kali melakukan penerbangan pengintaian. Namun kali ini untuk pertama kalinya terbang dengan izin parlemen.

Pesawat-pesawat itu mengangkut bom dan rudal yang dilengkapi laser penuntun.

Beberapa waktu lalu setelah bergabung dengan negara pimpinan Barack Obama guna memberantas milisi ISIS, Inggris juga sempat mengirimkan bantuan berupa senjata mesin berat dan amunisi kepada pemerintah Irak selain pesawat militernya.

"Nilai peralatan itu sekitar 1.6 juta pound sterling atau lebih dari Rp 300 miliar. Ongkos pengirimannya diperkirakan sekitar 475 ribu pound sterling atau sekitar Rp 9 miliar," urai Menteri Pertahanan Michael Fallon dikutip Liputan6.com dari BBC, Rabu 10 September.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini