Sukses

Jeruk Nipis untuk Bersihkan Patung Pancoran

Patung yang berdiri sejak tahun 1966 akan dibersihkan dengan ekstrak jeruk nipis yang berguna untuk menghilangkan karat.

Liputan6.com, Jakarta - Patung Dirgantara atau yang dikenal dengan Patung Pancoran akan mulai dibersihkan pada Rabu 20 Agustus. Patung Dirgantara memiliki total ketinggian 38 meter. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (19/8/2014), senjata ampuh untuk membersihkan Patung Dirgantara itu ternyata adalah jeruk nipis. 

Sejak pagi, tim dari Balai Konservasi Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta sudah mulai bersiap memasang tangga dan tali untuk persiapan pembersihan yang akan dimulai besok. 

Patung yang berdiri sejak 1966 itu akan dibersihkan dengan ekstrak jeruk nipis yang berguna untuk menghilangkan karat yang menempel pada patung. 

Diperlukan kehati-hatian dan ketelitian untuk membersihkan patung. Petugas pembersih harus memperhitungkan tingkat keamanan sebelum memulai pembersihan. Untuk membersihkan patung secara tradisional itu, diperlukan waktu pengerjaan sekitar kurang -ebih 1 bulan lamanya. 

Sebelumnya, Tugu Monumen Nasional (Monas) telah dibersihkan dengan cara kimiawi. Nantinya, usai Patung Pancoran, rencananya giliran Patung Diponegoro di kawasan Imam Bonjol yang akan dibersihkan. (Yus)

Baca Juga:

Patung Diponegoro-Pancoran Dibersihkan, Jokowi: Lama Tak Dirawat

Sudah Kronis, Patung Pancoran Dibersihkan Pakai Jeruk Nipis

Pembersihan Tugu Monas Selesai Hari Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini