Sukses

Dada Bayi Kembar Siam Rahma Berlubang Pascaoperasi Pemisahan

Untuk menutup lubang kecil pada dada bayi kembar siam Rahma, tim dokter menggunakan alat sponge VAC (vacuum assisted closure).

Liputan6.com, Surabaya - Saat mengoperasi bayi kembar siam Nurul Anindia dan Rahma Anindia, tim dokter Rumah Sakit Dr Sutomo, Surabaya, Jawa Timr, sempat mengalami kendala. Tulang dada bayi Rahma terlalu menonjol sehingga terpaksa dipotong dan mengakibatkan lubang kecil pada dadanya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (14/8/2014), setelah memakan waktu hampir 12 jam jalani operasi --ternyata lebih cepat dari prediksi semula yaitu 15 jam-- tim dokter pun berhasil memisahkan bayi kembar siam yang dempet dada hingga perut ini.

Untuk menutup lubang kecil pada dada bayi Rahma, tim dokter menggunakan alat sponge VAC (vacuum assisted closure). Selain menutup luka operasi, alat ini juga mampu mengatasi bakteri yang berkembang pada luka bekas operasi.

Setelah operasi pemisahan dinyatakan berhasil, bayi Nurul dan Rahma langsung dibawa ke ruang perawatan intensif di RSUD Dr Soetomo. Keduanya menjalani perawatan selama masih dalam masa kritis pascaoperasi pemisahan.

Baca juga:

Operasi 4 Jam, Kembar Siam di Surabaya Dipisahkan

Bayi Kembar Siam Surabaya Jalani Operasi, 100 Dokter Diturunkan

Bayi Kembar Siam Dempet Pinggul Dirawat di RSHS Bandung

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini