Sukses

Belum Lulus Kok Udah Coret-coret!

Kelulusan tidaklah komplit kalau tidak diakhiri dengan aksi coret-coret dikalangan pelajar.

Citizen6, Jakarta Hari kelulusan merupakan momen yang ditunggu-tunggu para pelajar yang telah mengikuti kegiatan Ujian Negara. Momen ini sempurna jika kabar yang sudah ditunggu-tunggu sesuai dengan harapan mereka yaitu 'lulus'.

Kelulusan tidaklah komplit kalau tidak diakhiri dengan aksi coret-coret dikalangan pelajar. Budaya coret-coret setelah lulus Ujian Negara tingkat SMP maupun SMA sampai saat ini masih berlangsung dikalangan anak sekolah di Indonesia. 

Kemarin, Kamis 8 Mei 2014 siswa tingkat SMP telah melakukan Ujian Negara (UN) di hari terakhir. Setelah usai menuntaskan UN sayangnya para pelajar melakukan aksi coret-coret, padahal penentuan kelulusan UN belum diumumkan. 

Tiap tahun aksi ini selalu rutin dilakukan di berbagai wilayah, tidak hanya aksi coret-coret, mereka terkadang melakukan aksi brutal yang mengganggu ketertiban umum seperti konvoi dengan menggunakan sepeda motor. Aksi coret-coret seragam sekolah menggunakan pylox dan spidol ini merupakan salah satu simbol kelulusan menurut para pelajar. 

Di linimasa ramai perbincangan aksi coret-coret dikalangan pelajar, banyak komentar tweeple yang pro dan kontra di linimasa. Kebanyakan dari tweeple menyayangkan aksi coret-coret yang dilakukan para pelajar karena pengumuman penentuan kelulusan saja belum keluar.

"Yailah anak smp pada coret coretan baju, baru hari terakhir un belom tentu lulus", tulis akun @wlncngr.

‏Kicauan akun @HeyItsWulan, "Ciye besok UN terakhir. Hayo ade2 SMP jngn coret-coretan ya. Dan lebih baik bajunya disumbangkan. Okesip. Tetap berdoa.semoga kita LULUS".

‏Dalam akunnya @DiindaLestarii menuliskan, "Semangat ya buat anak smp yang ngejalanin UN terakhir. Selamat coret-coret juga hihi".

‏Tulis @andreaskrstian,  "slmt pg:) semangat buat ade kelas yg skrg hari terakhir un semoga lulus. Coret-coret baju deh haha".

‏@aliciayuningsi berkicau, "pagiiii~~ Semangat yang lagi UN ! hari terakhir nih 😊 semoga lancar yaa. kalo udh selesai UN jangan corat coret baju 😃 haha".

"SEMANGAT YA KELAS 9 (SMP KEMALA BHAYANGKARI3) BESOK UDAH UN TERAKHIR.TERUS CORET-CORETAN DEH", ucap @lenyFB dalam akunnya.

Akun ‏@ChriswatyyB menuliskan, "Anak SMP besok terakhir UN?mau coret-coret? Emang udah yakin Lulus?wkwk".

 Bagaimana menurut Anda, masikah perlu budaya coret-coret di kalangan pelajar Indonesia?

Penulis:
Yulia Yulee

Baca Juga:

Pro Kontra Penutupan Gang Dolly di Linimasa

Pacaran Jarak Jauh, Snapchat Jadi Ilustrasi Kekasih di Instagram 

 

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.