Sukses

5 Cara Menyembuhkan Kecanduan Sosmed

Kecanduan sosial media jika dialami oleh sesorang akan menjadi ancaman untuk dirinya sendiri jika tidak diatasi pada waktu yang tepat.

Citizen6, Jakarta Sosial media perlahan-lahan telah masuk ke dalam hidup kita. Sosial media telah menjadi salah satu aspek paling penting dalam beberapa tahun terakhir. Kecanduan sosial media itu kini telah menjadi masalah yang biasa dialami banyak orang. Karena munculnya berbagai smartphone yang murah, memudahkan penggunanya untuk mengakses situs sosmed.

Kecanduan sosial media ini bila tidak memperoleh penanganan serius akan menjadi ancaman buruk bagi para penggunanya.  Mari kita lihat beberapa langkah yang bisa untuk membantu seseorang lepas dari kecanduan sosial media seperti dilansir mensxp. 

Memahami masalah

Apakah Anda pengguna situs sosial media seperti Facebook, Twitter, Path dan lainnya tanpa henti dalam kurun waktu empat sampai enam jam setiap hari secara berulang-ulang? Apakah Anda tahu waktu Anda sebenarnya lebih berarti bila dipakai dengan kegiatan yang produktif dibandingkan dengan berjam-jam selalu update status di sosmed. Hati-hati jika itu terjadi pada Anda, perlahan Anda akan menjadi pecandu sosmed.

Memahami dampak yang terjadi

Apakah hal yang terjadi di sosmed akan mempengaruhi Anda untuk menjadi emosional? Apakah Anda pernah berkelahi dengan orang lain di situs yang telah mnegganggu pola pikir Anda? ini cenderung menjadi gejala ke arah kecanduan sosmed setelah itu mempengaruhi hidup Anda dan menimbulkan dampak yang mungkin tidak Anda bayangkan.

Mengatur rutinitas

Langkah pertama untuk berhenti menjadi pecandu sosmed adalah kelola tab secukupnya saat membuka situs yang sedang digunakan. Biasanya kecanduan terdeteksi ketika Anda sedang berkumpul dengan keluarga, teman, saat makan, maupun saat bekerja Anda selalu fokus dengan smartphone untuk update status maupun bermain game Facebook. Untuk itu ada baiknya tinggalkan smartphone Anda,  ingat pekerjaan dan orang-orang disekitar Anda lebih penting dibandingkan sosmed. 

Gantikan sosial media dengan hobby

Langkah selanjutnya singkirkan dulu sosial media untuk sementara waktu, gantikan kegiatan sosmed dengan hobi yang pernah Anda lakukan atau dengan hobi baru. Dedikasikan waktu Anda untuk sekedar menjalankan hobi agar kegiatan Anda semakin bermanfaat. Hal ini akan membantu Anda, karena Anda sibuk serta fokus terhadap sesuatu yang berguna dan produktif dan juga akan membantu Anda perlahan-lahan keluar dari kecanduan sosmed.

Jangan prioritaskan

Jangan memprioritaskan sosial media lebih dari apa pun. Sosial media haruslah menjadi peringkat paling rendah dalam daftar prioritas. Begitu Anda mulai memprioritaskan sosial media atas pekerjaan Anda, keluarga Anda, atau kesehatan pribadi Anda, hal-hal ini akan merubah kehidupan Anda mnejadi buruk. Hindari itu, sosial media hanya menjadi sumber hiburan dan harus dilakukan di waktu luang.

Penulis:
Yulia Yulee

Baca Juga:

5 Cara Mendapatkan Pekerjaan dari Akun Twitter

6 Alasan Orang Bisa Unfollow di Twitter

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.