Sukses

[Arti Pemilu] Partisipasi Tentukan Nasib Bangsa

Pada 9 April 2014 mendatang, akan memberikan pengalaman baru untuk para pemilih pemula.

Citizen6, Yogyakarta Pada 9 April 2014 mendatang, akan memberikan pengalaman baru untuk para pemilih pemula. Karena pada tanggal tersebut, Indonesia akan melaksanakan pemilihan umum (pemilu) untuk memilih wakil rakyat yang baru untuk 5 tahun ke depan. Maka pilihan kita nanti yang akan ikut menentukan untuk Indonesia di 5 tahun kedepan.

Pada pemilu tahun ini, saya merupakan bagian dari pemilih pemula. Oleh sebab itu, saya tidak mau melewatkan kesempatan untuk ikut ambil bagian dalam pemilu yang akan memberikan perubahan bagi Indonesia di 5 tahun ke depan. Sebagai warga negara Indonesia, saya akan menggunakan hak pilih saya dengan sebaik-baiknya agar tidak kecewa untuk 5 tahun ke depan.

Kita ketahui bersama, tingkat golput pada pemilih pemula terus bertambah. Hal ini benar-benar sangat disayangkan, karena sebagian besar pemilihnya berasal dari pemilih pemula. Namun hal ini tidak sepenuhnya kesalahan pemilih pemula. Karena minimnya sosialisasi dari pemerintah tentang pemilu yang membuat pemilih pemula enggan untuk menggunakan hak pilihnya.

Selain itu, golput pada pemilih pemula juga dikarenakan minimnya wawasan mereka tentang calon legislatif (caleg) yang mengikuti pemilu di 2014 ini. Jadi, bagi pemilih pemula, mari kita beramai-ramai mendatangi TPS pada 9 April 2014. Gunakan hak pilih kita dengan sebaik-baiknya, dan jadilah pemilih yang cerdas. Karena pilihan kita nanti yang akan menentukan nasib bangsa untuk 5 tahun ke depan! (mar)

Penulis
Gabriella Claudya (Mahasiswa Jurnalisme - Universitas Atma Jaya Yogyakarta '12)
Twitter: @Claudya_Olive
Yogyakarta, claudyaolxxx@gmail.com

Baca juga:
[Arti Pemilu] Hak Rakyat untuk Memilih Sosok Pemimpin
[Arti Pemilu] Pemimpin Baru, Harapan (baru) Rakyat
[Arti Pemilu] Pesta yang Seharusnya Dinikmati Seluruh Rakyat


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

 

Sumber foto:  www.ipm.or.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini