Sukses

[Arti Pemilu] Pesta yang Seharusnya Dinikmati Seluruh Rakyat

Pemilu adalah pesta demokrasi. Akan tetapi, sepertinya mayoritas masyarakat Indonesia sedang tak ingin berpesta.

Citizen6, Tangerang Pemilu adalah pesta demokrasi. Akan tetapi, sepertinya mayoritas masyarakat Indonesia sedang tak ingin berpesta. Masyarakat Indonesia rupanya seperti tidak lagi menyukai harapan- harapan baru yang akan lahir dan lebih mencondongkan diri kepada kepasrahan terhadap masa depan bangsa.

Sungguh tak elok bila kita melihat dari satu sudut pandang saja sehingga menyalahkan masyarakat atas sikap antipatinnya sehingga seolah-olah pemilu kehilangan dentumannya. Masyarakat rupanya ingin lebih fokus dalam usahanya untuk membuat dapur mengepul daripada meluangkan beberapa menit dalam hidupnya untuk mendatangi tempat pemungutan suara.

Hal yang lumrah terjadi karena mereka berasumsi wakil-wakil di singgasananya tidak mungkin menaruh perhatian sangat atas permasalahan sekecil perut mereka.

Namun sekali lagi, pemilu tetaplah pesta yang tak akan mungkin mengesankan kebahagiaan tanpa banyaknya para undangan yang menikmatinya, dan pesta baru berarti pesta saat penikmatnya bukan hanya pihak-pihak yang berkepentingan saja.

Sebenarnya, di dalam pemilu masyarakat pun diuji sedalam apa harapan hidup di dalam hati mereka. Apakah mereka percaya masih ada kekuatan minoritas yang dapat mendobrak semua sistim yang bobrok ini? Karena selalu ada harapan di setiap keputusasaan dan pasti akan ada hujan di tengah kegersangan ini. (mar)

Penulis
Widania Alifa
Tangerang, widanxxx@gmail.com
Akun twitter : @widaniaa

Baca juga:
[Arti Pemilu] Bangga, Bisa Bebas Menentukan Pilihan
[Arti Pemilu] Memilih untuk Perjuangkan Kebutuhan Masyarakat
[Arti Pemilu] Menumbuhkan Kembali Budaya Politik Indonesia


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini