Sukses

Misteri MH370: 122 Objek Terlihat di Samudera Hindia

Perkembangan terbaru, ada sejumlah objek yang terlihat. Jumlahnya tak tanggung-tanggung

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Upaya pencarian demi mengungkap jelas misteri keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370 terus dilakukan di Samudera Hindia bagian Selatan dekat Perth, Australia. Perkembangan terbaru, ada sejumlah objek yang terlihat. Jumlahnya tak tanggung-tanggung: 122 objek.

"122 objek potensial diduga dari pesawat yang hilang telah terlihat oleh satelit," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein, seperti dimuat BBC, Rabu (26/3/2014).

Dia menjelaskan, ratusan objek itu berada di area seluas 400 km persegi di sekitar wilayah yang berjarak 2.557 km dari Perth, Ausralia Barat.

Hishammuddin yang juga Menteri Pertahanan Malaysia itu menjelaskan sambil menunjukkan sebuah gambar kepada publik. Dalam gambar yang diambil pada 23 Maret itu terlihat objek yang ukurannya ditaksir mencapai 23 meter.

"Gambar ini diberikan Badan Pertahanan dan Luar Angkasa Airbus Prancis ke Agen Pencitraan Kawasan Terpencil Malaysia pada 25 Maret," jelasnya.

"Kami juga telah memberikan laporan ini kepada tim pencari Australia dan pusat koordinasi tim gabungan di Perth," imbuh Hishammuddin.

Dia menegaskan, pihaknya belum bisa memastikan apakah benar gambar itu pecahan pesawat MH370. Tapi kata dia, itu bisa menjadi petunjuk penting dalam pencarian.

"Sekarang kami juga tengah berusaha untuk memberikan pemahaman kepada para keluarga penumpang," ujar Hishammudin.

Tujuh negara terlibat dalam pencarian bangkai pesawat MH370, yakni Australia, New Zealand, the US, Japan, China dan Korea Selatan di Samudera Hindia.

Komandan tim operasi pencarian China Dong Yan mengatakan, pihaknya akan terus mencari objek yang terlihat oleh pesawat mereka beberapa hari sebelumnya. Juga mencari tumpahan minyak dan pecahan lainnya.

"Fokus pencarian kita adalah objek yang mengambang, tumpahan minyak, dan orang-orang yang diduga tenggelam ke laut," ujar Dong.

MH370 hilang sejak dinyatakan putus kontak pada Sabtu 8 Maret 2014 dini hari dalam rute penerbangan Kuala Lumpur ke Beijing. Namun kemudian diumumkan pada Senin 24 Maret, bahwa pesawat terakhir kali berada di Samudera Hindia.

Baca juga:

Black Box Tak Bisa Ungkap Misteri `Rute Sesat` MH370?

Gunung Api Bawah Laut Persulit Pencarian Black Box MH370

Umumkan MH370 dari Analisa Satelit, Malaysia Dinilai Terburu-buru

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini