Sukses

Jokowi Pantau Rumah Deret di Cibesel, Warga Berterima Kasih

Warga kampung deret di Cibesel senang setelah rumah mereka selesai direnovasi. Rumah mereka menjadi lebih sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendatangi lokasi kampung deret di kawasan Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur. Kedatangan Jokowi guna memastikan renovasi rumah warga berjalan baik.

Tiba di lokasi, seperti pantauan Liputan6.com, Jokowi yang datang didampingi Walikota Jakarta Timur HR Krisdiyanto ‎itu, langsung menuju ke perkampungan warga yang telah dibangun kampung deret.

Jokowi mengatakan, di lokasi tersebut terdapat 97 rumah. Rumah tersebut awalnya tampak kumuh dan tidak tertata, sehingga direnovasi dan dirombak ulang. "Ini sebenarnya sudah jadi, total kira-kira sudah 90 % rampung," ujar Jokowi, Jakarta, Selasa, (25/3/2014).

Kendati, kata Jokowi, jumlah tersebut masih bertambah. Sebab, ada sebagian warga yang sekarang justru meminta agar rumahnya dibangun. Mereka tahun lalu sempat menolak rumahnya dijadikan bagian dari kampung deret.

"Yang ini kan sebagian, yang dulu nolak sekarang minta. Ya wajar, dulu masih ketakutan, trauma yang lalu-lalu takut digusur. Tapi setelah tetangganya jadi, Pak, ini gimanaa mau juga? Yang itu nanti akan kita bangun tahun ini," papar Jokowi.

Di lokasi tersebut, kata Jokowi, tidak hanya membangun kampung deret. Pihaknya juga akan membangun taman yang difungsikan sebagai ruang interaksi publik. Dengan kondisi tempat tersebut, diharapkan warga hidup lebih sehat.

"Ada yang sudah dicat, nanti ada taman bermainnya, area hijau, tempat bermain, sebagai ruang interaksi masyarakat. Sehingga ada saling sapa dengan warga dan tidak individualistis. Mataharinya juga bisa masuk rumah, warganya juga sehat," kata Jokowi.

Untuk membangun kampung deret, Jokowi memberikan dana kepada masing-masing kepala keluarga maksimal Rp 54 juta. Untuk desain pembangunannya, Jokowi menyerahkan kepada warga. "Bangunannya terserah warga, mau bentuk minimalis, mau ada gigi balangnya, itu terserah. Tinggal kita kasih paduannya saja," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi tak hanya memantau jejeran rumah deret. Ia juga menyempatkan diri berbicang dengan warga yang telah menempati rumah barunya itu. Mereka berterima kasih kepada Jokowi, karena rumahnya telah direnovasi.

"Gimana, Bu, rumahnya sekarang? Sudah enak kan? Ini lebih sehat, buat anak-anak juga sehat. Kalau dulu sempit, sekarang banyak matahari yang masuk," ucap Jokowi.

"Iya, Pak, sekarang sudah enak, nggak seperti dulu tinggalnya gang sempit, kalau hujan bocor. Sekarang jauh lebih enak. Terima kasih, Pak Jokowi. Sukses ya, Pak," ucap salah seorang warga. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Mandor Bawa Kabur Uang Muka Kampung Deret, Jokowi: Biasa...

Ahok Bakal Selidiki Dugaan Biaya Konsultan Kampung Deret

Ahok Tawarkan Hotel Borobudur Percantik Taman Lapangan Banteng

Mandor Bawa Kabur Uang Muka Kampung Deret, Jokowi: Biasa... - See more at: http://news.liputan6.com/read/2023819/mandor-bawa-kabur-uang-muka-kampung-deret-jokowi-biasa#sthash.8gh5o3DM.dpuf
Mandor Bawa Kabur Uang Muka Kampung Deret, Jokowi: Biasa... - See more at: http://news.liputan6.com/read/2023819/mandor-bawa-kabur-uang-muka-kampung-deret-jokowi-biasa#sthash.8gh5o3DM.dpuf
Mandor Bawa Kabur Uang Muka Kampung Deret, Jokowi: Biasa... - See more at: http://www.liputan6.com/search?q=Kampung+Deret#sthash.X4H3agWC.dpuf
Mandor Bawa Kabur Uang Muka Kampung Deret, Jokowi: Biasa... - See more at: http://www.liputan6.com/search?q=Kampung+Deret#sthash.X4H3agWC.dpuf
[FOTO] Jokowi Blusukan Ke Kampung Deret, Warga Antri Bersalaman - See more at: http://www.liputan6.com/search?q=Kampung+Deret#sthash.X4H3agWC.dpuf

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.