Sukses

Pencarian Panjang Malaysia untuk Temukan Pesawat MH370

Sudah 2 pekan berlalu, keberadaan pesawat maskapai Malaysia Airlines MH370 belum juga ditemukan.

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Sudah 2 pekan berlalu, keberadaan pesawat maskapai Malaysia Airlines MH370 belum juga ditemukan. Semakin hari, keberadaan Jet jenis Boeing 777-200ER itu semakin misterius.

Pencarian terakhir difokuskan di Koridor Selatan, di sekitar kawasan Sumatera, Indonesia dan Kepulauan Cocos dan sekitar Perth Australia. Temuan 2 objek diduga puing MH370 belum ditemukan.

Pelaksana tugas (Plt) Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan, pihaknya sudah ancang-ancang untuk melakukan pencarian jangka panjang. Malaysia siap menyisir semua lokasi meski sampai 30 hari sekalipun demi menemukan MH370.

"Tim pencari kami masih bersemangat dan akan terus mencari sampai MH370 ditemukan. Ada informasi yang kami terima dari tim pencari Prancis bahwa mereka saja butuh 2 tahun untuk menemukan kotak hitam Air France dengan nomor penerbangan 447," kata Hishammuddin kepada Daily Press, Jumat (21/3/2014).

Dia menjelaskan, pihaknya saat ini memfokuskan pencarian di Koridor Selatan dan tengah berupaya mencari lokasi pasti keberadaan MH370 dan mempersempit area pencarian.

"Ini akan menjadi pencarian jangka panjang dan kita akan mencari sampai dasar bawah dan berfokus untuk mengurangi area pencarian dan kemungkinan penyelamatan," ujar Hishammuddin.

Penemuan terakhir terkait dugaan lokasi hilangnya MH370 disampaikan Perdana Menteri Australia Tony Abbott. Di depan parlemen Canberra, ia tak mengungkap tipe objek yang terdeteksi berdasarkan citra satelit. "Informasi terbaru dan terpercaya telah datang memberi titik terang terkait pencarian...di selatan Samudera Hindia," kata Abbott.

Namun hingga kini Royal Australian Air Force Orion belum menemukan 2 objek tersebut. Pencarian masih diupayakan tim gabungan dari 26 negara, termasuk Indonesia. (Muhammad Ali)

Baca juga:

Misteri MH370 Berakhir pada Hari Ke-13 di Perairan Perth?

Ukuran Obyek Misterius di Perth Versus Dimensi Pesawat MH370

Pesawat MH370 Terlama Hilang Dalam Sejarah Abad 21

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.