Sukses

SMA Luqman al Hakim Bentuk Siswa Jadi Pengusaha

SMA Luqman al Hakim Hidayatullah Surabaya bekerjasama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) getol bentuk siswa menjadi pengusaha.

Citizen6, Jakarta Memacu semangat berwirausaha, SMA Luqman al Hakim Hidayatullah Surabaya bekerjasama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) getol bentuk siswa menjadi pengusaha.

Pembina wirausaha SMA Luqman al Hakim, Andi Farouq mengungkapkan, akad kerjasama antar lembaga yang dilaksanakan pada Kamis (20/3/2014) ini untuk membentuk pribadi pengusaha kepada siswa.

Banyak produk yang ditelurkan dalam program ini. Farouq menyebut setidaknya ada tiga jenis produk yang dibuat oleh siswa SMA Luqman al Hakim, yaitu bantal motivasi diberi nama "BITINK", Es Drop, serta Nasi Lalapan "Cak Amy".

Dalam program ini, lanjut Farouq, para siswa diajarkan cara membuat perusahaan besar.

"Jadi ada direktur, managar marketing, desain produk, hrd, keuangan, dan lainnya," katanya. Kegiatan ini memotivasi dan memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa.

Siswa dibimbing langsung oleh guru dan tim dari PJI. Mulai cara accounting keuangan, cara desain produk, riset produk, cara marketing, dan bagaimana cara rekrutmen karyawan, sampai bagaimana memanfaatkan dana CSR perusahaan.

"Ini latihan membuat perusahaan secara praktek langsung," tegasnya.

Salah satu produk yang mulai dipasarkan adalah es drop. Kata direktur perusahaan yang dibentuk oleh siswa SMA Luqman al Hakim, Adamy, ia mengambil produk es ini karena melihat kondisi Surabaya yang sangat panas.

"Produk ini sangat dibutuhkan masyarakat Surabaya," katanya.

Produk ini menjadi istimewa karena dibuat dari bahan dasar kelapa asli. "Karena ada produk es dipasaran yang tertulis kelapa tapi bukan kelapa asli, tapi hanya perasa saja. Itu kami hindari," akunya.

Selain es drop, sejumlah siswa ada bantal motivasi. Kata Adamy, disebut bantal motivasi karena dibantal tersebut tertulis kalimat motivasi.

"Kami sebut bantal ini istimewa, karena kalimat motivasi bisa di order oleh konsumen dan diproduksi limited edition," paparnya.

Dalam pemasarannya, lanjut Adamy, tidak terbatas pada pemasaran offline. "Kami gencarkan juga marketingnya secara online lewat socmed. Kami yakin pemasaran ini sangat efisien," pungkasnya. (mar)

Penulis
Markom Hidayatullah
Surabaya, markomhidayatulxxx@gmail.com

Baca juga:

Siswa Hidayatullah Surabaya, Pecah Tabungan untuk Korban Kelud
SD Al Hakim Surabaya Belajar Sejarah Lewat Cerita
Siswi SMP Surabaya Belajar Mengenal Tanaman

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.