Sukses

Siswi SMP Surabaya Belajar Mengenal Tanaman

Siswi SMP Putri Luqman Al Hakim Hidayatullah Surabaya melakukan pengamatan terhadap ekosistem tanaman di area sekolahnya.

Citizen6, Surabaya: Siswi SMP Putri Luqman Al Hakim Hidayatullah Surabaya melakukan pengamatan terhadap ekosistem tanaman di area sekolahnya, Jumat (7/2/2014).

Selain mengamati, puluhan siswa berkerudung putih tersebut juga melakukan analisa tertulis. Mereka diminta menuliskan apa saja ekosistem yang ada disekitar tanaman yang diamati.

"Kita harus mengamati ekosistem yang biotik dan abiotik dalam jarak sekitar tanaman yang terbatas," tukas Adiba Nurul Khoirina.

Sambil memegang dan menerka apa saja ekosistem di sekitar tanaman, para siswa yang terbentuk dalam sebuah kelompok tersebut terlihat asyik. Sang guru pun dengan cermat menjelaskan kepada siswi.  

Setiap kelompok membawa tali rafia panjang yang digunakan sebagai pembatas area pengamatan. Tali rafia tersebut akan dibuat persegi mengitari tanaman yang diamati seluas 3x3 meter.

Sofi, salah satu guru yang mendampingi dalam pembelajaran ini mengatakan pembelajaran ini merupakan aplikasi tentang eksplorasi pelajaran di lapangan. Dalam pembelajaran ini dibentuk lima kelompok. Seluruhnya mengerjakan soal yang sama. Hanya, ekosistem yang diamati berbeda. Setelah itu nanti di dalam kelas para siswa dituntut untuk presentasi dihadapan teman-temannya.

Dalam pembelajaran ini, tambahnya, masuk berbagai hal. Misalnya, kerjasama, komunikasi, dan ketelitian dalam analisa. "Kompleks yang mereka dapatkan dalam pembelajaran ini," lanjut Sofi. (mar)

Penulis
Markom Hidayatullah
Surabaya, markomhidayatulxxx@gmail.com

Baca juga:
SMP Juara Raih Juara Olimpiade Sains Tingkat Riau
Siswa Berprestasi Bukan Dominasi Sekolah Favorit
14 Sekolah Juara Siap Terima 425 Yatim Dhuafa

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 7 Januari sampai 7 Februari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini