Sukses

Australia Rilis Foto Satelit Puing Diduga Malaysia Airlines MH370

Pihak AMSA menyebut, objek-objek tersebut sejauh ini adalah 'petunjuk terbaik' yang dimiliki para penyelidik untuk mengungkap misteri MH370.

Liputan6.com, Canberra - Otoritas Keselamatan Maritim Australia atau Australian Maritime Safety Authority (AMSA) merilis citra satelit yang menunjukkan keberadaan 2 obyek diduga pesawat Malaysia Airlines Penerbangan MH370 di perairan sekitar 2.300 kilometer dari Perth.

Pihak AMSA menyebut, objek-objek tersebut sejauh ini adalah 'petunjuk terbaik' yang dimiliki para penyelidik untuk mengungkap misteri keberadaan Boeing 777-200ER milik maskapai negeri jiran dan menguak nasib 239 orang di dalamnya.



Pimpinan otoritas maritim Australia atau Australian Maritime Safety Authority (AMSA) John Young mengatakan, meski ada harapan menemukan MH370, namun pihaknya belum bisa memastikan perihal objek itu.



"Bisa jadi itu adalah kontainer kapal yang jatuh ke laut atau objek lain," kata dia seperti dimuat situs Radio New Zealand. "Saya tak ingin berspekulasi terkait apa benda itu sebenarnya sebelum kita sampai di sana dan melihatnya langsung."

Temuan terbaru 2 obyek di perairan dekat Perth sebelumnya disampaikan langsung Perdana Menteri Australia, Tony Abbott yang  mengumumkannya di depan parlemen.

"Informasi terbaru dan terpercaya telah datang memberi titik terang terkait pencarian...di selatan Samudera Hindia," kata Abbott.

Namun, Pak Perdana Menteri mengingatkan, upaya untuk mendekati objek bukan perkara gampang. "Tugas untuk menentukan lokasi obyek tersebut sangat sulit. Bisa jadi itu ternyata tak terkait dengan pencarian pesawat MH370," kata dia. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Misteri MH370 Berakhir pada Hari Ke-13 di Perairan Perth?

Ukuran Obyek Misterius di Perth Versus Dimensi Pesawat MH370

Pesawat MH370 Terlama Hilang Dalam Sejarah Abad 21

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini