Sukses

FBI Bantu Malaysia Cari Pesawat MH370

Pejabat Malaysia memberikan akses kepada FBI mengenai kedua pilot Malaysia Airlines.

Liputan6.com, Washington - Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) membantu Malaysia mencari pesawat Malaysia Airlines yang hilang lebih dari sepekan. FBI akan memeriksa simulator penerbangan milik pilot penerbangan MH370 Zaharie Ahmad Shah untuk mendapatkan petunjuk.

"Kerja sama dengan pemerintah Malaysia sangat bagus, dan kami berupaya bekerja lebih dekat dengan Malaysia sebagai mitra internasional kami untuk mengetahui apa yang terjadi dengan pesawat itu dan mengapa itu terjadi," kata Juru bicara Gedung Putih, Jay Carney seperti yang dikutip dari BBC, Kamis (20/3/2014).

Sementara itu, Pejabat penegak hukum AS mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa pejabat Malaysia memberikan akses kepada FBI mengenai kedua pilot Malaysia Airlines termasuk data dari sebuah alat penyimpan data yang terpasang di simulator penerbangan dan media elektronik yang digunakan oleh pilot.

Kepala Polisi Malaysia Khalid Abu mengatakan, sejumlah data dihapus pada 3 Februari dari simulator yang ditemukan di rumah Kapten Zaharie Ahmad Shah. Kepolisian masih berupaya untuk mengembalikan data yang telah dihapus.

Menteri Perhubungan Malaysia Hishammuddin Hussein menegaskan, Zaharie harus dianggap tidak bersalah sampai benar-benar terbukti dan bahwa anggota keluarga bekerja sama selama penyelidikan. Data yang dihapus tidak harus dicurigai terutama jika itu dilakukan untuk mengosongkan penyimpan data.

Tim dari 26 negara terlibat dalam pencarian pesawat MH370 yang hilang sejak 8 Maret dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing, China. Pesawat mengangkut 239 penumpang dan kru.

Baca juga:

Ada Data yang Dihapus dari Simulator Pilot Malaysia Airlines Raib

TNI: RI Hentikan Sementara Pencarian MH370

Kapolri: WNI Penumpang MH370 Tak Punya Catatan Kriminal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.