Sukses

SBY: Masalah Kebakaran Hutan Harus Tuntas Hingga Oktober

SBY menegaskan permasalahan kebakaran hutan dan lahan di Riau harus segera diatasi secara tuntas supaya tidak menjadi bencana tahunan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden SBY kembali menggelar rapat terbatas membahas penanganan bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau. Dalam pengantarnya di awal rapat, SBY menginformasikan meski dalam 3 hari terakhir asap sudah mulai menghilang, permasalahan ini harus segera diatasi secara tuntas supaya tidak menjadi bencana tahunan.

"Saya kemarin berangkat ke sana, 3 hari 2 malam, mencari solusi apa yang mesti kita lakukan ke depan. Yang penting 3 minggu yang saya berikan waktu kepada satgas operasi tanggap darurat ini, asap harus hilang, api sudah padam," tegas SBY di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (19/3/2014).

SBY menegaskan, penanganan masalah kebakaran hutan ini harus segera teratasi, baik dari penyebab kebakaran hingga menindak tegas pelaku pembakaran. Semua masalah itu harus dituntaskan paling lambat hingga Oktober 2014.

"Yang penting setelah itu, April hingga Oktober tahun ini akar masalah dan penyebab utama dari terus terjadinya kebakaran lahan harus disentuh. Ini yang akan mengubah sejarah di Riau supaya tidak setiap tahun terus terjadi," jelasnya.

Kebakaran hutan di Riau terjadi hampir setiap tahunnya, sehingga mengakibatkan kerugian di berbagai sektor, mulai dari industri penerbangan, ekonomi, hingga protes dari negara tetangga seperti Singapura yang juga terkena dampak asap tersebut.

Selain Wakil Presiden Boediono, rapat ini juga dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan Djoko Suyanto, Menteri Keuangan Chatib Basri, dan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

Polisi Ringkus 10 Pembalak Liar di Teluk Meranti Riau

Panglima TNI: Anggota Pembeking Pembalakan Liar Segera Dipecat

SBY: Jangan Bebani Presiden Baru dengan Kabut Asap

SBY: Setelah Saya Pergi, Jangan Ada Lagi Kabut Asap

[VIDEO] Asap Riau Masih Level Bahaya, Kampanye Pemilu Terganggu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini