Sukses

Meningkatkan Mutu Tulisan Lewat Creative Writing

Cara efektif menyampaikan informasi di era multimedia menjadi topik bahasan yang disampaikan oleh Maggie Tiojakin

Liputan6.com, Jakarta Menulis kreatif adalah hal yang belum terlalu dikenal masyarakat luas. Oleh karena itu, Badan Otonom Economica selaku organisasi jurnalistik di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) mengadakan seminar yang bertema “Creative Writing : Artikel yang Menembus Era Media 2.0”. Bertempat di Student Center FEUI pada hari Kamis, 13 Maret 2014 acara yang bekerja sama dengan Liputan6.com dan disponsori oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU) dimulai pukul 09.30 hingga 12.00.

Menghadirkan 3 narasumber yaitu Maggie Tiojakin, penulis novel “Selama  Kita Tersesat di Luar Angkasa”, Iwan Triono yang merupakan wakil pimpinan redaksi Liputan6.com, dan Karmin Winrata yang saat ini menjabat sebagai community officer di Liputan6.com.

Karmin Winata selaku pembicara pertama dalam seminar ini menjelaskan tentang teknik mendapatkan bahan tulisan untuk dijadikan sebuah berita yang bisa disampaikan ke khayalak luas. Setelah itu, penjelasannya berlanjut mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dan diperhitungkan ketika menulis untuk media online. Salah satunya adalah seorang penulis harus bisa membuat judul sebuah tulisan yang menarik tapi juga searchable. Di akhir paparannya dia menekankan bahwa seorang penulis harus memunyai kepekaan yang berbeda dari orang biasa sehingga bisa melihat suatu hal yang tampaknya hanya gejala umum, bagaimana pun juga tidak begitu umum dan sebaliknya.


Cara efektif menyampaikan informasi di era multimedia menjadi topik bahasan yang disampaikan oleh Maggie Tiojakin sebagai pembicara kedua. Penulis buku Winter Dreams terbitan GPU tersebut memaparkan perbedaan antara conventional journalism dan narrative journalism. Ketika conventional writing yang menjadi pedoman seseorang dalam menulis berita hanya  megandalkan informasi yang terkandung di dalamnya, berbeda dengan narrative writing yang tak hanya mengandalkan informasi namun juga memerhatikan konteks dan alur cerita yang menjadi teknik-teknik dari story telling untuk menyampaikan berita. Hal lain yang dijelaskan adalah ciri – ciri dan 5 elemen dari narrative journalism. Pesan terakhir dari Mbak Maggie adalah cerita memunyai kemampuan untuk mengubah cara pikir manusia sehingga jika ingin menyampaikan pendapat dan mengubah pikiran orang lain bisa dilakukan dengan menulis agar pesan kita sampai kepada masyarakat dengan efektif.

Pembicara terakhir adalah Iwan Triono yang merupakan wakil pimpinan redaksi Liputan6.com menyampaikan pesan-pesannya bagi audiens yang ingin menjadi jurnalis. Beliau menunjukkan bahwa fotografer, videografer juga merupakan seorang jurnalis. Dikarenakan dengan visualisasi lewat gambar maupun video, informasi yang tadinya berat menjadi ringan seiring dengan pesan yang bisa langsung tersampaikan. Amanat dari Mas Iwan adalah bahwa jika ingin menjadi seorang jurnalis maka harus menikmati profesi tersebut  walaupun ada masa perih di awal namun harus memunyai niat yang kuat agar bisa sukses dan sejahtera.

Manfaat seminar ini dapat terlihat dari respon peserta yang cukup antusias dan aktif bertanya kepada penyampai materi untuk mengetahui lebih jauh tentang dunia jurnalistik. Sehingga tak akan rugi bagi peserta yang sudah datang dari berbagai universitas seperti Universitas Paramadina, Universitas Airlangga, IPB, Universitas Sunan Gunung Jati, dan lain-lain. Di akhir acara, 5 peserta seminar yang beruntung mendapatkan doorprize dari GPU. Semoga pihak-pihak yang telah berpartisipasi pada acara kali ini di kemudian hari dapat mengadakan acara yang tak kalah menarik dan bermanfaat untuk mendukung pengembangan kreativitas masyarakat luas.

Penulis:

Putri Wulandari

Baca Juga:

Garut Grand Festival, Wujud Kepedulian pada Budaya Sunda

Pulut Nasi, Kuliner Tradisional yang Mulai di Lupakan

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini