Sukses

Vietnam Stop Cari Pesawat Malaysia Airlines di Andaman

Saat pasukan Malaysia mulai mencari pesawat nahas MH370 yang raib sejak Sabtu 8 Maret di Laut Andaman, angkatan laut Vietnam malah mundur.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Angkatan Laut Vietnam menyatakan berhenti mencari pesawat Malaysia Airlines MH370 di Laut Andaman. Langkah ini dilakukan setelah pasukan Malaysia yang melakukan pencarian di lokasi itu.

"Kami telah memutuskan untuk menghentikannya kegiatan pencarian dan penyelamatan sementara waktu, sambil menunggu informasi dari Malaysia," ungkap Wakil Menteri Transportasi Pham Quy Tieu seperti dikutip Liputan6.com dari MalaysianInsider.com, Rabu (12/3/2014).

Pihak Vietnam mengumumkan penangguhan pencarian udara oleh pasukannya terhitung pada Rabu pagi waktu setempat. Alasannya, karena menunggu Malaysia untuk memperjelas arah baru yang potensial dari pencarian pesawat Boeing 777-200ER yang membawa 239 penumpang itu.

Kendati begitu, tambah Pham, pencarian laut masih berlangsung tetapi pada skala yang lebih kecil. Pencarian internasional untuk pesawat nahas milik Malaysia Airlines B777 - 200ER diperluas ke Laut Andaman, ratusan kilometer ke arah barat laut dari radius pencarian asli ketika Vietnam menghentikan operasi udara di perairan .

Lebih dari 40 kapal dan 3 lusin pesawat turut menyisir kawasan dari Laut Andaman ke Laut Cina Selatan. "Ya, di atas Sumatera adalah Laut Andaman," ucap Direktur Jenderal Perhubungan Udara Datuk Azharuddin Abdul Rahman.

Sumatera adalah pulau selatan Indonesia yang besar dari Laut Andaman. Perairan yang terletak di lepas pantai barat Thailand. Pesawat dengan nomor penerbangan MH370 itu lepas landas telah meninggalkan Kuala Lumpur untuk Beijing Sabtu pagi tapi pergi hilang dari layar radar 1 jam setelahnya. Dan hingga hari kelima pencarian, pesawat itu belum juga ditemukan. (Ismoko Widjaya)

Baca Juga:

Pencarian Pesawat Malaysia Airlines Bergeser ke Laut Andaman

China Kerahkan 10 Satelit Resolusi Tinggi Cari Malaysia Airlines

SAR Cari Malaysia Airlines di Timur Laut Aceh Besar

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.