Sukses

SAR Cari Malaysia Airlines di Timur Laut Aceh Besar

Pencarian hari kedua ini difokuskan di kawasan timur laut Aceh Besar. Atau berjarak 30 mil dari pelabuhan Kerung Raya, Aceh Besar.

Liputan6.com, Banda Aceh - Pencarian terhadap pesawat Malaysia Airlines Boeing 777-200ER dengan nomor penerbangan MH370 yang hilang di udara Vietnam turut dilakukan Badan Search and Rescue (SAR) Banda Aceh. Pencarian difokuskan di Selat Malaka.

Kepala Sub Seksi Operasi Badan SAR Banda Aceh Haris mengatakan, Badan SAR mengerahkan 1 kapal dengan 22 kru, untuk mencari pesawat yang mengangkut 239 penumpang itu. Mereka menyisir perairan Selat Malaka sejak Selasa 11 Maret kemarin.

Pencarian difokuskan di kawasan timur laut Aceh Besar. Atau berjarak 30 mil dari pelabuhan Kerung Raya, Aceh Besar, dengan target luas pencarian 100 mil persegi. "Kita menyisir perairan seluas 64 nautical mile per segi," kata Haris, Aceh, Rabu (13/3/2014).

Dalam pencarian sebelumnya, tim SAR Banda Aceh tidak menemukan apapun. Operasi pencarian kembali dilanjutkan hari ini.

Pesawat Malaysia Airlines hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing, Cina, Sabtu 9 Maret dinihari lalu. Pesawat terdeteksi terakhir di udara Vietnam, dan sempat berbalik haluan.

Fokus pencarian sebelumnya dilakukan di perairan Malaysia, Vietnam, dan Teluk Thailand. Namun, setelah diketahui pesawat berbelok arah, pencarian diperluas hingga ke Selat Malaka.

Proses pencarian melibatkan puluhan kapal laut dan pesawat dari 10 negara, termasuk Indonesia, Cina, dan Amerika Serikat. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

Kelompok Teror China Klaim Tanggung Jawab Hilangnya Malaysia Airlines

Perbandingan Malaysia Airlines dengan Adam Air yang Hilang Misterius

Pencarian Pesawat MH370

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini