Sukses

4 Penumpang Malaysia Airlines Dicurigai

Sebanyak 4 dari 239 penumpang pesawat maskapai Malaysia Airlines yang hilang dinyatakan bermasalah.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Sebanyak 4 dari 239 penumpang pesawat maskapai Malaysia Airlines yang hilang dinyatakan bermasalah. 2 Di antaranya diketahui menggunakan paspor palsu, yakni 1 mengatasnamakan Christian Kozel, warga negara Austria dan 1 lainnya Luigi Maraldi, seorang warga negara Italia.

Akan tetapi, pihak berwenang dari 2 negara itu, Austria dan Italia menyatakan, pemilik paspor itu ada di negaranya dalam keadaan sehat. Paspor itu hilang atau dicuri orang lain. Hal ini menuai dugaan adanya aksi terorisme di balik hilangnya pesawat.

Atas hal ini, Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan, pihaknya sudah mengendus adanya 4 penumpang yang bermasalah. Pihak intelijen Malaysia saat ini tengah menyelidiki asal-muasal 4 penumpang tersebut, dengan bantuan Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI).

"Intelijen kami, unit kontraterorisme telah kami tugaskan. Tapi yang kami fokuskan saat ini adalah mencari pesawat demi para keluarga," jelas Hussein. Siapa 2 penumpang lainnya yang dicurigai itu? Malaysia belum membeberkan.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan, terlalu dini untuk menentukan adanya aksi teror atas adanya 2 penumpang gelap. Sebab belum ada indikasi dari hal tersebut.

"Kami akan menyelidiki semua kemungkinan yang ada. Untuk saat ini, terlalu dini untuk menyimpulkan sesuatu yang belum ada kepastiannya," ujar Najib.

Penumpang Malaysia Airlines itu terdiri 152 warga China, 38 warga Malaysia, 7 Indonesia, 5 India, 7 Australia, 3 Prancis, 3 Amerika Serikat, 2 Selandia Baru, 2 Ukraina, 2 Kanada, 1 Rusia, 1 Italia, 1 Taiwan, 1 Belanda dan 1 Austria.

Kapten pilot B-777-200ER MH370 itu Kapten Zaharie Ahmad Shah merupakan seorang warga negara Malaysia berumur 53 tahun, yang sudah bekerja untuk Malaysia Airlines sejak 1981 dan memiliki 18,365 jam terbang.

Hingga kini, pencarian masih dilakukan. Bahkan Malaysia memutuskan untuk memperluas lokasi pencarian. Selain mengerahkan tim pencari, pihaknya juga memeriksa semua jejak dari mulai pesawat lepas landas hingga hilang kontak. Malaysia juga memeriksa seluruh daftar penumpang yang ada. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

Keluarga WNI Penumpang Malaysia Airlines Bisa Hubungi Nomor Ini

Lokasi-lokasi Dugaan Jatuhnya Malaysia Airlines

Misteri Lolosnya Paspor Palsu Penumpang Malaysia Airlines

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini