Sukses

Hijau di Tengah Kota Bersama Komunitas Indonesia Berkebun

Indonesia berkebun merupakan gerakan dan kegiatan sosial komunitas yang memanfaatkan lahan non produktif di perkotaan.

Citizen6, Jakarta Banyak cara untuk menghabiskan akhir pekan, jika malas untuk berpergian keluar rumah, mungkin berkebun bisa jadi aktivitas alternatif yang menyenangkan bersama keluarga di rumah. 

Hal yang menyenangkan untuk beberapa orang salah satunya, komunitas Indonesia berkebun. Indonesia berkebun merupakan gerakan dan kegiatan sosial komunitas yang memanfaatkan lahan non produktif di perkotaan dengan cara menanaminya dengan tanaman yang bermanfaat dan menjadikannya sebagai kebun yang produktif.

Indonesia Berkebun bergerak melalui media jejaring sosial (twitter @IDberkebun, facebook, dan youtube). Gerakan ini bertujuan untuk menyebarkan semangat positif untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan program urban farming, yaitu memanfaatkan lahan tidur di kawasan perkotaan yang diubah menjadi lahan pertanian atau perkebunan produktif yang dilakukan oleh peran masyarakat sekitar.

Lahirnya aksi sosial komunitas ini berawal dari sekitar bulan Oktober 2010 melalui akun twitter salah seorang arsitek yang sekarang menjabat Walikota Bandung, Ridwan Kamil. "Kami memulai gerakan berkebun ini melalui dunia maya. Awalnya hanya karena saya tergerak untuk menciptakan lahan hijau yang lebih banyak lagi di perkotaan. Ternyata hal ini mendapat sambutan positif dari orang-orang sekitar," seperti di kutip IDberkebun, Minggu (9/3/2014).

Komunitas yang sudah tersebar di 30 kota di Indonesia dan di 8 kampus yang bekerjasama dengan Indonesia berkebun ini sudah menyelenggarakan berbagai kegiatan. Kegiatan 'Aksi hijau di tengah kota' pada 2 Maret, dan Gardening class pada 1 Maret 2014 di Casa Goya Kebun Jeruk.

Indonesia boleh berbangga dengan komunitas Indonesia Berkebun yang aktif bergerak dalam menghidupkan lahan-lahan tak potensial menjadi lahan potensial di Indonesia. Menjadikan komunitas Indonesia Berkebun ini menyabet beberapa penghargaan, antara lain:

Penghargaan Google Asia Pacific untuk kategori Web-Heroes pada tahun 2011, Inspiring Movement for Environment 2013 dari Nutrifood, Finalist Ashoka Changemakers 2013 dan apresiasi-apresiasi lainnya baik dari media nasional hingga internasional juga instansi-instansi lainnya. (Yule)

Penulis:

Yulia Yulee

Baca Juga:

 

Diet Kantong Plastik, Mulailah Hari ini

Komunitas 1001Buku Peduli Anak Membaca

Gerakan 5 Jari, Hentikan Kekerasan pada Remaja

 

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini