Sukses

Kepala Staf AL Ukraina Membelot ke Rusia

Pembelotan ini dilakukan sehari setelah Berezovsky ditunjuk menjadi Kepala Staf AL Ukraina.

Liputan6.com, Kiev - Kepala Staf Angkatan Laut Ukraina Denys Berezovsky memberikan dukungan kepada otoritas pro-Rusia di Semenanjung Crimea. Pembelotan ini dilakukan sehari setelah Berezovsky ditunjuk menjadi Kepala Staf AL Ukraina.

"Saya bersumpah akan melaksanakan perintah panglima [pro-Rusia] Republik Otonom Crimea," kata Berezovsky dalam pernyataan yang disiarkan televisi dari markas Armada Laut Rusia di Laut Hitam sebagaimana dikutip Liputan6.com dari ABC News, Senin (3/3/2014).

"Bersumpah setia kepada penduduk Republik Otonom Crimea," tambah Berezovsky dalam pernyataan yang diucapkan pada hari Minggu kemarin.

Sebelum mengucapkan sumpah setia itu, Berezovsky tampil di layar televisi bersama Sergiy Aksyonov, politisi pro-Rusia yang ditunjuk oleh parlemen Crimea sebagai Perdana Menteri.

Aksyonov memerintahkan Angkatan Laut di Semenanjung Crimea agar mengabaikan seluruh instruksi dari pemerintahan di Kiev. Pada hari ini Aksyonov berencana mengumumkan kelahiran Angkatan Laut Republik Otonom Crimea.

Pembelotan ini terang saja membuat pemerintahan interim Ukraina di Kiev kebakaran jenggot. Pemerintahan Ukraina melakukan penyelidikan atas pembelotan ini.

Semenanjung Crimea merupakan wilayah Ukraina yang banyak didiami oleh penduduk yang berlatar belakang Rusia. Kawasan ini menjadi daerah 'paling' panas dalam konflik Ukraina setelah Rusia mengirimkan pasukannya.

 

Baca juga:

PM Ukraina: Presiden Putin, Tarik Keluar Pasukan Rusia!

Rusia Invasi Ukraina, Obama: Langgar Hukum Internasional

Ancaman Serangan Rusia, Militer Ukraina Siaga Penuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.