Sukses

[VIDEO] Warga Solo `Sulap` Abu Vulkanik Kelud Jadi Asbak Rokok

Dengan sedikit sentuhan kreatifitas warga karang taruna Kelurahan Serengan, Solo, Jawa Tengah, mengolah abu vulkanik jadi berbagai kerajinan

Abu vulkanik Gunung Kelud yang sempat mengganggu aktivitas warga kini mulai dimanfaatkan oleh warga kota Solo, Jawa Tengah. Berawal dari bersih-bersih kota, abu vulkanik ini justru menjadi bahan utama pembuatan kerajinan yang dapat bernilai ekonomis bagi warga.

Seperti yang ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (22/2/2014), dengan sedikit sentuhan kreativitas, warga karang taruna Kelurahan Serengan, Solo, Jawa Tengah ini mengolah abu vulkanik menjadi berbagai kerajinan. Uniknya abu itu bisa diubah menjadi ragam kerajinan menarik seperti asbak rokok, tempat lilin, serta kerajinan tanah lainnya.

Cara membuatnya tak terlalu rumit. Abu yang terkumpul, cukup ditambah semen. Dengan separuh takaran abu,
semen pun menjadi sebagai perekat. Adonan abu ini siap dibentuk sesuai keinginan seperti asbak rokok, tempat pensil, tempat lilin, serta berbagai kerajinan lainnya.

Hasil berbagai kerajinan abu vulkanik Gunung Kelud ini nantinya akan dijual dan didonasikan kepada para korban maupun pengungsi Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur. (Mhs/Ali)

Baca juga :

[VIDEO] Akibat Letusan Gunung Kelud, Petani Kediri Gagal Panen
[VIDEO] Abu Vulkanik Kelud Disulap Jadi Lukisan Indah
[VIDEO] Kala Abu Gunung Kelud Jadi `Albert Einstein`
[VIDEO] Rp 1 Miliar Dikucurkan untuk Renovasi Desa Damarwulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini