Sukses

Jokowi Lantik Mantan None Jakarta Jadi Kepala Pramuka Jakarta

Lewat Pramuka, pemuda-pemuda itu diharapkan mampu memiliki wawasan kebangsaan yang cukup luas dan terbentuk jiwa kepemimpinannya.

Gubernur DKI Jakarta Jokowi melantik Sylviana Murni sebagai Kepala Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka DKI Jakarta di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Dalam amanatnya, Jokowi meminta mantan none Jakarta itu untuk menjadikan Pramuka sebagai wadah penempaan karakter pemuda.

Lewat Pramuka, pemuda-pemuda itu diharapkan mampu memiliki wawasan kebangsaan yang cukup luas dan terbentuk jiwa kepemimpinannya.

"Dengan begitu, dari Pramuka ini akan lahir calon pemimpin-pemimpin baik di tingkat RT, RW, hingga presiden," ujar Jokowi di Jakarta, Rabu (19/2/2014).

Mantan Walikota Solo bernama lengkap Joko Widodo itu mengatakan, tantangan para pemuda Ibukota ke depannya sangat berat. Tak hanya sesama warga Indonesia, para pemuda ini juga harus bersaing dengan pemuda lintas negara. Apalagi mulai 2015 nanti, perdagangan bebas di tingkat Asia mulai terbuka.

Tak hanya itu, kepada para pengurus yang baru dilantik, Jokowi juga meminta agar mereka menyusun program kerja yang sejalan dengan Pemprov DKI Jakarta. "Selain juga dengan kepentingan masyarakat luas dan ormas, baik yang ada di tingkat regional, nasioal, maupun internasional," kata Jokowi.

Jokowi pun mengajak para anggota pramuka untuk ikut membantu pemerintah dalam  membantu dan memelihara memelihara stabilitas keamanan di DKI dalam menghadapi Pemilu 2014 nanti. "Ini tahun politik, sebentar lagi kita akan melakukan pesta demokrasi diharapkan Pramuka dapat ikut menjaga keamanan di Jakarta," tutur Jokowi.

Acara pelantikan pengurus Kwarda DKI Jakarta sendiri berlangsung meriah, sebanyak 10 ribu anggota Pramuka dari 6 wilayah di Jakarta ikut turut serta dalam acara tersebut.

Tak cuma Sylvia, sebagai Majelis Pembimbing Pramuka Kwartir Daerah (Mabida) DKI Jakarta, Jokowi juga melantik sebanyak 42 pengurus Kwarda DKI. (Ndy/Yus)

Baca juga:
APBD DKI Rp 72 T Cair, Kemendagri Coret 3 Jenis Anggaran
Penasaran, Jokowi Telepon Walikota Risma
Di Hadapan Jokowi, Walikota Bogor Singgung Kursi Istana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini