Sukses

Cegah Celaka, 14 Unit Pemadam Solo Bersihkan Jalan dari Abu Kelud

Dampak hujan abu letusan Gunung Kelud menyebabkan jalan-jalan di Solo tertutup abu, dengan ketebalan mencapai 5 cm. Membahayakan!

Dampak hujan abu letusan Gunung Kelud menyebabkan jalan-jalan di Solo tertutup abu, dengan ketebalan mencapai 5 cm. Kondisi tersebut tentu saja membahayakan para pengguna jalan yang melintas.

Melihat kondisi itu, Walikota Solo Fx Hadi Rudyatmo mengerahkan 14 mobil pemadam kebakaran untuk membersihkan abu di jalan protokol tersebut. Mobil pemadam kebakaran itu terlihat menyemprotkan air di sepanjang Jalan Slamet Riyadi.

"Kalau abu di jalan itu dibersihkan kan bisa menjaga keamanan dan kenyamanan warga yang menggunakan jalan. Kita khawatir jika jalanan berdebu seperti itu bisa rawan kecelakaan," kata Hadi di Solo, Jumat (14/02/2014).

Pembersihan jalan ini, disebutkan dia, melibatkan berbagai pihak seperti dari institusi TNI/Polri, DPU, BPBD, Dinas Kebersihan, Dinas Perhubungan dan lembaga lainnya. Mereka bersatu padu untuk membersihkan jalan yang tertutup abu.

"Kita melakukan pembersihan secara bersama-sama, supaya lekas bersih abu yang menutupi jalan ini," ujar dia.

Selain 14 mobil pemadam kebakaran, 4 unit mobil tangki milik PDAM juga ikut dikerahkan. "Mobil pemadam kebakaran semua dikerahkan. PDAM ikut mengerahkan mobil tangkinya untuk menyemprot abu di jalan," tukas Hadi. (Tnt/Ali)

Baca juga:

Abu Kelud di Runway Adisucipto Setebal 5 cm

Wessel Rel Tertutup Abu Kelud 2 Cm, Kereta di Banyumas Terganggu

Bahaya Abu Kelud, Bus Purwokerto-Yogya Tak Beroperasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.