Sukses

Aktivitas Gunung Sinabung Tinggi, Basarnas Hentikan Evakuasi

Tingginya aktivitas Gunung Sinabung membuat tim SAR tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan evakuasi di zona merah.

Evakuasi korban Erupsi Gunung Sinabung terpaksa terhenti sementara. Tingginya aktivitas Gunung Sinabung membuat tim SAR tidak diizinkan untuk melakukan evakuasi.

"Untuk hari kemarin dan sekarang, diminta oleh Tim Vulkanologi untuk tidak masuk ke zona merah untuk melakukan evakuasi," kata Direktur Operasi dan Latihan Basarnas, Brigjen Tatang Zainuddin, di Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (5/2/2014).

Pos Pemantauan Vulkanologi menyebutkan, aktivitas Gunung Sinabung memang masih sangat tinggi. Karena itu, pihaknya untuk sementara menghentikan evakuasi.

"Kegiatannya 2-14 mm, dominan pada angka 9 mm. Dengan pernyataan itu, seluruh tim SAR tidak melakukan evakuasi," lanjut Tatang.

Meski begitu, menurut Tatang, tim SAR selalu siap melakukan evakuasi jika kondisi benar-benar aman. Informasi dari warga juga sangat dibutuhkan untuk mengetahui apakah masih ada warga di zona merah.

"Sampai detik ini tidak ada satu pun yang melaporkan ada anggota keluarganya yang hilang. Tapi kalaupun informasi itu ada, tim kami akan langsung melakukan evakuasi," tandasnya. (Ado/Yus)

Baca juga:

Dahsyat! Abu Gunung Sinabung Menyebar Sampai Malaysia
Demi Korban, DPR: Status Sinabung Harus Jadi Bencana Nasional
[VIDEO] Ikat Janji Sehidup Semati di Pengungsian Sinabung
Enggan Antre, Korban Sinabung Tolak Bilik Asmara
Pekan Depan Pengungsi Sinabung Mulai Dipulangkan Bertahap

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini