Sukses

Survei Jeblok, Demokrat: Kami Lebih Tekun Ketimbang Partai Lain

Jubir Demokrat sesumbar, dibandingkan partai lain, kadernya paling tekun bekerja.

Jelang Pemilu Legislatif (Pileg) April 2014, beberapa lembaga survei kian gencar mempublikasi elektabilitas partai peserta pemilu. Partai Demokrat yang saat ini menjadi penguasa, dari hasil beberapa survei terpental dari 3 besar peta persaingan politik.

"Beberapa survei yang dilakukan untuk konsumsi internal Partai Demokrat menunjukkan peningkatan dan perbaikan elektabilitas, walau belum sesuai yang kami harapkan," kata Juru bicara Partai Demokrat Ikhsan Modjo ketika dihubungi di Jakarta, Senin (3/2/2014).

Ikhsan menyatakan, semua kader Partai Demokrat saat ini terus melakukan sosialisasi di lapangan untuk menaikkan elektabilitas partainya. Ikhsan mengklaim dibandingkan partai lain, kadernya paling tekun bekerja.

"Di lapangan kader-kader Partai Demokrat juga terbukti lebih banyak yang turun ke lapangan dan bekerja secara tekun dan tanpa henti menggarap akar rumput ketimbang partai lain," kata dia.

Ikhsan menuturkan, Demokrat tidak akan terpengaruh dengan hasil survei apapun. Lantaran, pada Pemilu 2009 juga banyak yang meramalkan Demokrat akan gagal, namun semua hasilnya justru bertolak belakang. "Partai Demokrat justru lebih percaya diri menghadapi Pemilu Legislatif 2014," tandas Ikhsan Modjo.

Dalam jajak pendapat yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan tahun 2014 menjadi akhir dari rezim Demokrat. Dua partai akan bersaing ketat mengisi posisi pemenang Pemilu 2014.

"Demikianlah salah satu temuan terbaru survei LSI, yaitu berakhirnya rezim Demokrat. Namun justru Golkar dan PDIP yang kokoh bersaing sebagai calon partai pemenang Pemilu 2014," kata peneliti LSI Adjie Alfaraby di Graha Dua Rajawali, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu 2 Februari 2014.

Berikut hasil survei LSI:

1. Golkar: 18,3 persen
2. PDIP: 18,2 persen
3. Gerindra: 8,7 persen
4. Demokrat: 4,7 persen
5. Hanura: 4,0 persen
6. PKB: 3,7 persen
7. PPP: 3,6 persen
8. PAN: 3,3 persen
9. PKS: 2,2 persen
10 Nasdem 2 persen
11 Responden belum memutuskan pilihan: 30,1 persen

(Mvi/Ism)

Baca juga:
Survei LSI: 2014 Jadi Akhir Rezim Demokrat

Survei: Elektabilitas Golkar Kecil, Demokrat Siap Menyalip

Gita Mundur, Mantan Panglima TNI: Itu Lari dari Tanggung Jawab

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.