Sukses

Katulampa Siaga IV, Pintu Air ke Arah Kali Baru Ditutup

Pada Rabu (22/1/2014), pukul 10.40 WIB, ketinggian air menurun hingga menyentuh angka 80 cm atau Siaga IV.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya sejak Selasa 21 Januari kemarin, mengakibatkan debit air di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, sempat naik mencapai ketinggian 170 cm atau Siaga II. Namun pada Rabu (22/1/2014), pukul 10.40 WIB, ketinggian air menurun hingga menyentuh angka 80 cm atau Siaga IV.

Kepala Bendungan Katulampa Andi Sudirman mengatakan, volume air di Sungai Ciliwung terus mengalami penurunan. Pada pukul 01.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB ketinggian air tercatat pada ketinggian 100 cm.

"Jam 7 pagi menurun kembali menjadi 80 cm atau Siaga IV," jelas Andi kepada Liputan6.com. Pantauan cuaca di wilayah Puncak, Bogor, seperti Rindu Alam, Taman Safari, dan Gadog hanya gerimis sejak pukul 04.00 WIB.

Andi mengatakan, diperkirakan volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini sebanyak 90 ribu liter per detik. "Kemudian kita tutup pintu air yang ke arah Kali Baru Timur," paparnya.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok, untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung. "Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," imbau Andi. (Mut/Ism)

Baca juga:
Pintu Air Karet Siaga I, Tanggul di Tebet Jebol
Waspada! Pintu Air Karet Masih Siaga I


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini