Sukses

[VIDEO] Debit Air Naik, Waduk Pluit Meluap

Waduk Pluit, Jakarta Utara, yang menjadi muara dari sungai-sungai, meluap sehingga menggenangi sejumlah ruas jalan dan pemukiman.

Tingginya curah hujan di Ibukota dan sekitarnya, membuat sejumlah sungai dan waduk tidak bisa menampung debit air. Kondisi Waduk Pluit di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, misalnya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (19/1/2014), Waduk Pluit sudah 3 hari terakhir tak bisa menampung air dari aliran sungai-sungai di Jakarta. Alhasil, waduk tersebut meluap.

Ratusan rumah warga yang masih berdiri di bantaran Waduk Pluit, serta perumahan di sekitarnya tergenang banjir. Tak hanya pemukiman, sejumlah ruas jalan turut tergenang.

Kondisi diperparah dengan tak berfungsinya pompa air dan banyaknya tumpukan sampah. Ini jelas membuat genangan sulit surut. Sementara, proyek normalisasi Waduk Pluit, sebagai salah satu program penanggulangan banjir, baru rampung 15 persen.

Sementara di kawasan Jati Baru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, hingga Minggu siang, tanggul turap Kali Ciliwung di Kanal Banjir Barat, belum diperbaiki. Tanggul turap ini hanya dibenteng dengan karung-karung pasir.

Warga sekitar berharap tanggul segera diperbaiki. Terutama agar keselamatan dan aktivitas mereka terjamin serta berjalan normal. (Ans/Ism)

Baca juga:

Sejumlah Pintu Air di Jakarta Siaga 1

Status Pintu Air Karet Masih Siaga I

Status Pintu Air Waduk Pluit Siaga IV

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.