Sukses

Banjir Jakarta Timur Hasilkan 300 Meter Kubik Sampah

Masalah sampah selalu menjadi momok yang harus dihadapi pascabanjir. Termasuk di wilayah Jakarta Timur.

Masalah sampah selalu menjadi momok yang harus dihadapi pascabanjir. Hal ini juga terjadi di Jakarta Timur. Selama 3 hari, tak kurang dari 300 meter kubik sampah diangkut dari kawasan banjir di Jakarta Timur.

"Dari hari Senin banjir hari pertama setiap hari kita kirim 10 truk sampah berukuran besar maupun kecil. Satu truknya dapat mengangkut rata-rata 10 meter kubik per mobil," kata Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Timur Apul Silalahi, saat dihubungi, Rabu (15/1/2014).

Artinya, selama 3 hari ini sudah ada sekitar 300 meter kubik sampah banjir di Jakarta Timur. Untuk mengangkut gunungan sampah itu, sekitar 200 petugas Dinas Kebersihan diterjunkan. Sampah itu merupakan barang-barang warga yang hanyut karena tak sempat diselamatkan saat banjir datang.

"Sebagian besar sampah berasal dari barang-barang warga yang terendam," ujar Apul.

Apul menerangkan, sampai saat ini, pihaknya masih bersiaga di posko Dinas Kebersihan untuk mengantisipasi cuaca yang belum juga stabil. Juga untuk berkoordinasi dengan aparat lainnya.

"Kami terus memantau sampah dari posko. Jadi saat pengawas di tingkat RT dan RW memberi kabar, petugas langsung turun ke lokasi," tandas Apul. (Mvi/Ism)

Baca juga:

Banjir Ciledug Indah Surut, Dinas PU Dikerahkan Keruk Lumpur
Korban Banjir Tolak Evakuasi, Ahok: Kami Bukan Jasa Antar Makanan
Air Bendungan Katulampa Naik Lagi... Siaga IV

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.