Sukses

Aksi Perahu Jerigen Brimob Evakuasi Korban Banjir di Tebet

Dari 8 perahu yang diterjunkan Brimob, 5 di antaranya adalah perahu rakitan jerigen.

2 Perahu karet milik Brimob pecah saat mengevakuasi warga korban banjir di Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan. Untuk mengganti perahu karet, Brimob menggunakan perahu yang dibuat dari jerigen. Memang, dari 8 perahu yang diterjunkan Brimob, 5 di antaranya adalah perahu rakitan jerigen.

"Kami juga kerahkan perahu yang terbuat dari drum," kata Komandan Regu Brimob Brigadir Klaudio saat ditemui di lokasi banjir di Kebon Baru, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2014).

Ada 2 ukuran perahu jerigen yang dikerahkan Brimob itu, besar dan kecil. Perahu dengan ukuran kecil disusun dari 30-50 jerigen kosong berukuran 20 liter. Perahu ini bisa mengangkut 5-10 orang.

Sedangkan perahu yang berukuran besar disusun dari 50-70 jerigen kosong berukuran 20 liter. Kapasitasnya pun lebih besar, yakni dapat mengangkut 10-15 orang. "Ini inovasi kami dan antisipasi jika perahu karet bocor atau pecah. Kalau jerigen kan lebih kuat," tambah Klaudio.

Perahu jerigen ini memang bukan pertama kali diterjunkan. Pada banjir awal tahun 2013, perahu ini juga diterjunkan untuk mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir. (Eks/Sss)

Baca juga:
Jakarta Banjir, Posko Parpol Menjamur
2 Perahu Brimob Pecah di Lokasi Banjir Tebet
Jakarta Dikepung Banjir, Foke: Tanya Jokowi, Sama-sama Kebanjiran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.