Sukses

[VIDEO] Korban Miras Cukrik Maut Berangsur Membaik

Kondisi 3 dari 19 korban pesta minuman keras oplosan atau cukrik di Mojokerto, Jawa Timur, berangsur membaik.

Tim dokter Rumah Sakit Umum Kota Mojokerto, terus memantau perkembangan kesehatan Arief, Assidiqi, dan Farisal, 3 korban pesta minuman keras campuran atau oplosan cukrik maut. Secara umum, kondisi ketiganya cukup membaik, namun mereka masih mengalami gangguan penglihatan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (6/1/2014), tim dokter menganalisa, kasus ini dikenal dengan sebutan intosikasi etanol. Yaitu, pasien mengonsumsi bahan yang tak lazim dikonsumsi.

Diduga, korban telah mengonsumsi minuman keras yang dioplos dengan etanol. Cairan ini berdampak pada gagal multi-organ manusia. Apalagi, hampir seluruh korban terlambat mendapatkan pertolongan medis.

Etanol adalah sejenis alkohol murni yang kerap digunakan untuk pelarut atau untuk sintesis senyawa kimia. Bahkan dalam sejarahnya, etanol juga digunakan sebagai bahan bakar.

Sebelumnya, sudah 16 pemuda tewas usai menenggak miras oplosan cukrik. Cukrik merupakan minuman keras yang dicampur dengan berbagai minuman suplemen. Bahkan ada pula yang mencampurnya dengan obat nyamuk. Cukrik juga kerap dicampur dengan metanol yang sangat berbahaya bila dikonsumsi. (Ans/Sss)

Lihat juga:

[VIDEO] Miras Cukrik Telah Telan 16 Nyawa Pemabuk

[VIDEO] Miras Tewaskan 11 Orang, Produsen Dibekuk

[VIDEO] 14 Penenggak Miras Cukrik Tewas, Penjual Kabur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini