Sukses

Hasil DNA Terduga Teroris Ciputat Diumumkan 10 Hari Lagi

Polri memastikan, hasil tes DNA terduga teroris Ciputat akan keluar 10 hari ke depan.

Sebanyak 6 terduga teroris Ciputat tewas dalam baku tembak dengan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror. Kini, 6 jenazah tersebut tengah diotopsi dan dites Asam deoksiribonukleat (DNA). Polri memastikan, hasil tes DNA akan keluar 10 hari lagi.

"Kita masih menunggu hasil kepastian DNA. Sekitar 10 hari kedepan mudah-mudahan sudah ada kepastian hasil DNA," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta, Jumat (3/1/2014).

Boy menerangkan, saat ini 4 jenazah terduga teroris sudah diambil sampel DNA-nya, tinggal 2 jenazah lagi. Ia menuturkan pemeriksaan DNA bagian penting penyelidikan. "Semua sudah (diambil DNA) kecuali Edo dan Fauzi," tuturnya.

Selain itu, Boy juga mengatakan, hasil tes DNA diperlukan juga untuk menentukan jati diri terduga teroris itu. "Maka kita memerlukan data DNA pembanding untuk memastikan jenazah, termasuk pemulangan jenazah, jangan sampai ada kesalahan pemulangan jenazah. Yang seharusnya A nanti dipulangkan ke B, kita tidak menginginkan itu," papar Boy.

Teroris yang baru saja dibekuk di Ciputat saat malam pergantian tahun itu ternyata menjalankan Deklarasi Situgintung. Deklarasi itu dipimpin oleh Abu Roban pada 2012, untuk perjuangan jihad. "Jaringan kelompok Abu Roban kolaborasi dengan eks anggota JAT. Mereka melaksanakan pertemuan dengan Deklarasi Situgintung 2012," kata Boy.

Dalam pelaksanaan hasil deklarasi tersebut, para terduga teroris memilih mati daripada menyerah. Oleh karena itu, dalam upaya penangkapan oleh Densus 88, 6 terduga teroris tak mau menyerah dan memberi perlawanan.

"Petugas juga lakukan public address, prosedur negosiasi. Saya pernah jadi kasubdit negosiasi Densus 88, ini bukan eksekusi, ini upaya penegakan hukum. Dalam konteks extraordinary crime, SOP (standard operating procedure) harus benar-benar penuh kewaspadaan," tandas Boy. (Mvi/Sss)

Baca juga:

`Ibu Angkat` 6 Terduga Teroris Tunggu Tes DNA di RS Polri
Kelompok Teroris Ciputat Gelar `Deklarasi Situgintung`
Teroris Ciputat Siap Serang Kedubes AS, CIA, dan Zionis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini