Sukses

Serang Kantor Polisi, Pria Bersenjata Pisau dan Peledak Ditembak

Pria bersenjata pisau dan bahan peledak menyerang sebuah kantor polisi di Yarkand County, Xinjian, China Senin waktu setempat.

Pria bersenjata pisau dan bahan peledak menyerang sebuah kantor polisi di Yarkand County, Xinjian, China, Senin (30/12/2013) waktu setempat. Polisi pun langsung bekerja keras melumpuhkan kelompok tersebut.

"Satu orang juga telah ditangkap," kata para pejabat seperti dimuat BBC yang dikutip Liputan6.com.

Berita tentang bentrokan itu pertama kali muncul di portal berita Tianshan yang dikelola negara. Dari portal berita itu, dilaporkan bahwa polisi di wilayah Xinjiang China telah menembak mati 8 orang dalam bentrokan antara sekelompok pria bersenjata yang menyerang kantor polisi.

Para pejabat menggambarkan orang-orang yang menyerang kantor polisi di Yarkand, dekat jalan sutra kota tua Kashgar, sebagai sekelompok preman yang membawa pisau dan melempar bahan peledak. Meski demikian, belum dapat dipastikan identitas para pelakunya maupun korban. Apakah ada korban polisi atau tidak.

"Insiden ini sedang diselidiki," kata para pejabat yang tak disebutkan identitasnya.

Laporan-laporan lain belum dapat diverifikasi kebenarannya, arus informasi dari Xinjiang dikontrol ketat. Xinjiang merupakan rumah bagi kelompok minoritas Muslim Uighur, dan sering terjadi bentrokan sporadis.

Dua pekan lalu, aksi baku tembak juga terjadi aksi kekerasan di Xinjiang. Kala itu, polisi sedang melakukan penggerebekan terhadap kelompok yang diyakini sebagai teroris. 16 Orang pun akhirnya tewas, 2 di antaranya adalah anggota kepolisian.

Pada akhir Oktober, lima orang tewas ketika sebuah mobil menabrak kerumunan dan kemudian terbakar di Lapangan Tiananmen, Beijing. (Tnt/Mut)

Baca juga:
Keren! Kakek 51 Tahun Kuat Pakai Sepatu Besi 405 Kg
Lamaran, Pria China Bawa Uang Tunai Rp 16,8 M Pakai Keranjang
Rusuh di Xinjiang, 2 Polisi China dan 14 Warga Tewas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini