Sukses

Rusuh di Xinjiang, 2 Polisi China dan 14 Warga Tewas

Bentrok antara polisi dan sekelompok pria bersenjata terjadi di sebuah kawasan di Xinjiang, China. 16 Orang yang meregang nyawa.

Bentrok antara polisi dan sekelompok pria bersenjata terjadi di sebuah kawasan di Xinjiang, China. Akibatnya 16 orang meninggal dunia, 2 di antaranya adalah polisi setempat.

"Polisi sedang melakukan penggerebekan tersangka kriminal di Desa Shufu dekat Kashgar, kota paling barat negara itu (China) ketika mereka diserang oleh kelompok bersenjata pada Minggu 15 Desember 2013," demikian dikutip dari kantor berita China setempat seperti dimuat di ABC.Net.Au yang dilansir Liputan6.com, Selasa (17/12/2013).

Sementara 2 warga lain ditahan oleh pihak berwenang, guna penyelidikan lebih lanjut.

Xinjiang berbatasan dengan Pakistan dan Asia Tengah. Mayoritasnya adalah kaum Uighur yang beragama Islam. Selama bertahun-tahun, warga di wilayah itu merasa Beijing telah memberangus kebebasan agama dan budaya mereka.

Dalam beberapa pekan terakhir pihak berwenang China memang melancarkan tindakan keras kepada kelompok radikal muslim di bagian barat negara itu. Terlebih setelah terjadi aksi bom bunuh diri di depan Lapangan Tiananmen, Beijing. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Xinjiang