Sukses

Ferry Nasdem: Kepala Daerah Dipilih DPRD Bukan Langkah Mundur

Ketua Bapilu Partai Nasdem Ferry Mursyidan Baldan menyatakan, pemilihan kepala daerah yang sejak tahun 2004 dilakukan langsung tak efektif.

Ketua Bappilu Partai Nasdem Ferry Mursyidan Baldan menyatakan, pemilihan kepala daerah yang sejak tahun 2004 dilakukan secara langsung tidaklah efektif. Ia pun mengusulkan agar pemilihan kepala daerah kembali dilakukan DPRD.

"Partisipasi masyarakat dalam pemilu daerah menurun. Masih belum mencapai cita-citalah," ujar Ferry di Kantor Partai NasDem, Jakarta, Senin (23/12/13).

Pilkada langsung yang diharapkan menjadi sumber terpilihnya pemimpin daerah yang amanah, menurut Ferry, belum sepenuhnya tercapai. Malah justru banyak calon pemimpin daerah tersebut melakukan praktik money politics guna memperlancar jalannya menuju kursi nomor satu di daerahnya.

Ferry pun menegaskan, sebaiknya pemilihan kepala daerah dikembalikan lagi kewenangannya kepada DPRD.

"Pemilihan kepala daerah melalui DPRD bukan merupakan langkah mundur, karena wakil rakyat telah mendapat mandat dari rakyat melalui pemilu yang langsung, umum, bebas, dan rahasia," pungkas mantan politisi Partai Golkar itu. (Mut/Sss)


Baca juga:
Nasdem: Siapapu Presidennya, Harus Bisa Selesaikan PR Negara
Survei pol-Tracking: PDIP Menang Pada Pemilu 2014
Nasdem Lirik 'Isu' Tidak Seksi Politik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini