Sukses

[VIDEO] NASA Rilis Detik-detik `Earthrise` Pertama dari Bulan

Misi Apollo 8 adalah salah satu eksplorasi terbesar dalam sejarah, ketika manusia pertama kali pergi ke dunia lain dan melihat Bumi.

Misi Apollo 8 menjadi simbol dari salah satu eksplorasi terbesar dalam sejarah, ketika manusia pertama kali pergi ke dunia lain dan melihat ke belakang, ke planet kita: Bumi.

Baru-baru ini, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengubah foto ikonik misi Apollo 8 pada 1968, ketika pesawat ruang angkasa berawak pertama meninggalkan orbit Bumi dan mencapai Bulan, menjadi video. Menciptakan kembali peristiwa monumental yang sekarang dikenal sebagai 'Earthrise'.

Visualisasi ini dibuat dengan menggunakan pesawat luar angkasa Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) milik NASA yang telah mengelilingi Bulan sejak 2009, dipadukan dengan data audio dari misi  Apollo 8, termasuk dialog antara astronot Frank Borman, James Lovell, dan William Anders.

Video tersebut dibuat dalam rangka perayaan ulang tahun ke-45 misi Apollo 8 yang mengangkasa 21 Desember 1968.

"Simulasi ini memungkinkan siapapun, secara virtual, bertualang bersama para astronot dan merasakan pengalaman menakjubkan yang mereka rasakan saat melihat pemandangan yang ada di depan jendela," demikian pernyataan NASA seperti dikutip dari Daily Mail, 22 Desember 2013.

Visualisasi dalam video mengacu pada berbagai sumber sejarah, termasuk pola awan sebenarnya dari Bumi yang diambil dari satelit ESSA-7 dan puluhan foto yang diambil oleh Apollo 8. Juga mengungkapkan informasi historis anyar yang signifikan tentang foto-foto Earthrise -- penampakan Bumi dari Bulan.

Belum banyak yang tahu bahwa pesawat luar angkasa yang membawa para astronot Apollo 8 bergulir ketika foto penampakan Bumi diambil. Kebetulan itulah yang memungkinkan para astronot secara langsung menyaksikan kemunculan Bumi.

Kala itu, 24 Desember 1968, pesawat ke Bulan pertama dalam sejarah yang muncul dari balik satelit Bumi untuk kali keempat.

Saat itulah William Anders pertama kali melihat  Bumi, mengintip di atas cakrawala. "Ya, Tuhan, lihat pemandangan di sana," teriak Anders. "Bumi muncul. Wow, sungguh indah!"

Yang terjadi selanjutnya adalah kesempatan foto dadakan. Gambar pertama diambil dalam warna hitam dan putih, kemudian setelah dengan cepat menemukan kartrid film yang tepat, dihasilkan foto penuh warna yang menakjubkan.

"Penampakan Bumi seperti yang terlihat dari Bulan adalah aspek yang paling menarik dari penerbangan itu," kata Anders kepada penulis Andrew Chaikin yang menyusun buku Voices from the Moon pada 2009.

Foto berwarna yang dihasilkan Anders, yang menunjukkan Bumi seakan menempel di permukaan Bulan diakui sebagai 'foto terpenting dari Abad ke-20 dan menjadi salah satu dari 100 foto yang mengubah dunia' versi TIME dan majalah LIFE.

5 bulan setelah kru Apollo 8 kembali ke Bumi, Badan Pos AS atau US Postal Service mengeluarkan perangko bergambar fenomena Earthrise hasil bidikan Anders. (Ein/Yus)

Baca juga:

Lihat Bopeng di Bulan! Jangan Remehkan Ancaman Asteroid

Teori Kontroversial Baru: Bumi `Mencuri` Bulan dari Venus?

Misteri Keberadaan Batu Bulan yang Hilang dari Misi Apollo 11





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini