Sukses

Korban Tewas Topan Haiyan Filipina Diperkirakan 10 Ribu

Ribuan orang tewas dan banyak rumah hancur diterpa angin kencang.

Topan Haiyan paling menakutkan sedunia menerjang sejumlah wilayah di Filipina pada Jumat 8 November 2013. Akibatnya ribuan orang tewas dan banyak rumah hancur diterpa angin kencang.

Pejabat lokal Tecson Lim mengatakan korban tewas diperkirakan mencapai 10 ribu orang. Sejauh ini, sudah ada sekitar 300-400 jasad yang dievakuasi. Kepala Kepolisian setempat, Elmer Soria juga membenarkan hal tersebut.

"Kemungkinan besar korban tewas mencapai 10 ribu orang," kata Lim, seperti dimuat News.com.au, Minggu (10/11/2013).

Topan 'monster' ini melalap habis 6 pulau di Filipina. Banyak bangunan dan perumahan yang hancur. Sebagian besar korban tewas terjadi di Pulau Leyte. Bencana ini juga membuat aktivitas warga lumpuh. Listrik mati dan jalur transportasi tak bisa dilalui.

"Operasi penyelamatan masih berlanjut. Kami berharap tidak banyak korban yang menderita. Semua sistem lumpuh. Jadinya kami sulit untuk berkomunikasi dengan wilayah lain," kata Menteri Dalam Negeri Filipina Mar Roxas.

Topan Haiyan yang dijuluki oleh para ahli meteorologi sebagai topan terkuat tahun ini dan bahkan salah satu yang paling kuat yang pernah tercatat dalam sejarah dunia, kemungkinan bakal menerjang provinsi-provinsi bagian tengah Vietnam pada Minggu pagi ini.

Topan kategori 5 itu diperkirakan akan tiba sekitar pukul 11.30. Topan tersebut pertama kali akan menyapu 220 km sebelah timur laut pulau Song Tu Tay di Truong Sa pada pukul 10.00 waktu setempat.

Setelah itu, Topan Haiyan akan kembali bergerak menuju barat laut dalam 24 jam ke depan, pada kecepatan 30-35 km per jam. Badai tersebut akan berpusat di wilayah laut provinsi Quang Ngai Quang Tri, dengan kecepatan angin maksimum hingga 166 km per jam, dan hembusan anginnya mencapai 220 km per jam pada pukul 10.00. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini