Sukses

Aksi Teroris Terekam CCTV Saat Eksekusi Pengunjung Mal Kenya

Ditemukan gambar-gambar dari CCTV saat kelompok Al Shabaab menyandera dan mengeksekusi pengunjung mal.

Penyerangan membabi buta di mal Westgate oleh kelompok Al Shabaab masih meyisakan kenangan pahit bagi warga Kenya. Betapa tidak, penyerbuan terhadap warga tak bersalah telah menyebabkan 67 orang tewas dan 61 lainnya menghilang.

Kini sisa-sisa tragedi berdarah di pusat perbelanjaan paling besar di Nairobi, ibukota Kenya itu, masih dicari. Saat ini baru saja ditemukan gambar-gambar dari CCTV saat kelompok Al Shabaab menyandera dan mengeksekusi pengunjung mal.

Seperti dimuat Dailymail, Minggu (29/9/2013), dalam foto pertama (di atas) dari CCTV di Bank Diamond terlihat seorang anggota Al Shabaab sedang mengeksekusi sandera di lantai dasar mal Westgate. Teroris itu terlihat memakai seragam militer lengkap dengan penutup wajah dan menodongkan senapan.



Pada gambar kedua, tampak 3 anggota Al Shabaab lain menodongkan senjata kepada 2 korban sandera yang tak berdaya duduk jongkok dan bersandar ke tembok. Ketiga penyeran itu memakai pakaian gelap.

Saksi mata, Achebe Odida (42) mengaku melihat ada wanita yang menjadi salah satu kelompok penyerang tersebut. Wanita itu, kata dia, mengenakan pakaian hitam dan kepala dibalut penutup kain hitam.

"Aku melihatnya bergerak perlahan saat para pengunjung mal lain sedang berlarian. Dia seperti wanita Somalia, tinggi dan berkulit hitam," beber Achebe.

Pemerintah Kenya hingga saat ini belum bisa memastikan jumlah teroris Al Shabaab. Yang pasti ada 5 penyerang yang tewas. 8 Lainnya telah ditahan. Namun para tahanan itu belum diketahui apa benar-benar anggota Al Shabaab atau bukan. (Riz/Yus)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini